Beverly 90210 Mid Rise Condominium Gading Serpong Review

Apa anda sedang mencari kos atau hunian di Gading Serpong? Berencana untuk tinggal sementara atau menetap karena pekerjaan atau kuliah? Mungkin apartemen Beverly 90210 bisa dipertimbangkan untuk menjadi pilihan.

Kawasan Gading Serpong sendiri sudah cukup berkembang tidak hanya sebagai kota satelit pendukung kota metropolitan DKI Jakarta, namun juga terus melengkapi fasilitas yang tersedia di dalamnya untuk menjadi sebuah kota yang mandiri. Tidak hanya perumahan dan ruko, akan tetapi juga tersedia sejumlah sekolah dan kampus hingga perkantoran, membuat kawasan Gading Serpong menjadi pilihan bagi banyak orang untuk tinggal.

Apartemen Beverly 90210 merupakan salah satu hunian yang disediakan oleh Paramount selaku salah satu pengembang kawasan di Gading Serpong. Awalnya ditargetkan bagi mahasiswa sebagai alternatif tempat kost, namun dengan kondisi yang ada banyak juga dihuni oleh mereka yang berlatar belakang keluarga muda, mulai dari baru menikah hingga memiliki satu anak.

Sekalipun apartemennya masih memiliki banyak kekurangan, kawasan Gading Serpong sendiri terus berkembang dan menutupi kekuranngan fasilitas tersebut. Belum lagi akses mudah untuk mencapai kawasan di sekitarnya  seperti BSD, Alam Sutera, Karawaci dan Tangerang yang menambah pilihan fasilitas bagi penghuni.

Dengan konteks kawasan yang tidak padat seperti Jakarta, masih banyak ruang terbuka dan sedikit gedung tinggi, menjadi nilai tambah bagi Gading Serpong. Udara yang masih lebih segar dan jalanan yang cukup lapang hingga bisa dimanfaatkan untuk berolahraga.

Oleh karena itu perlu dilihat konteks secara menyeluruh untuk memahami nilai sebenarnya dari tinggal di kawasan Gading Serpong ini. Tulisan ini akan membahas tidak hanya mengenai apartemen Beverly 90210 dan fasilitasnya di dalamnya saja, tapi juga apa yang tersedia di sekitarnya dan bisa dimanfaatkan oleh siapapun yang tinggal di apartemen ini.

Semoga tulisan ini bisa membantu.

Silahkan pilih bagian dari daftar isi untuk langsung menuju bagian tersebut. Gunakan tanda panah merah di sudut kanan bawah layar anda untuk kembali ke atas

Overview

Apartment Name: Beverly 90210 Mid Rise Condominium
Address: Jl. Trimezia Raya, Gading Serpong, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang (Kabupaten), Banten, 15810
Developer: PT. Paramound Land
Property Management: PT Parador Property Management

Unit type: Studio Apartment (24 sqm)

Apartment Unit Facilities:
Bedroom / Main Area (4×4 m), Bathroom area (2x2m), Kitchen Area (2 x 2m), Water Heater, Internet/ TV Cable, Access Card, Intercom, Grease Trap, 2.200 Watt electrical power, Air Conditioner, Phone line, Refrigerator, Single Bed, TV, Wardrobe, Desk and office chair

Apartment Shared Facilities:
Lounge with WiFi, Swimming Pool with public bathroom, Car/Motorcycle/Bike Parking, Laundry, Garbage Room, Outdoor Area, Security (24 hour), Access for Wheelchair, drop-off area, Lift, building and unit service from management

Planned shared facilities in the future:
Gym / Fitness, Retail, Sky Deck

Nearby Public Facilities:
Shopping Mall: Summarecon Mal Serpong, Summarecon Digital Center, Hills Fashion Outlet, Grha Sapphire, Pasar Modern Paramount, Pasar Modern Sinpasa
Shopping Center: Ruko L’Agricola, Ruko Pasar Modern, Ruko Santa Monica, Ruko Sektor 7
Hypermarket & Wholesale: Hypermart, Giant, Rumah Buah
Culinary Center: Ruko Sektor 7, Pasar Malam Ruko Pasar Modern, Salsa Food City (SMS), Eat and Chat Gading Serpong, Clique Kitchen and Bar, Bez Plaza North Wing, Souq Pasar Malam (SMS), Downtown Walk (SMS)
School: Tarakanita, BPK Penabur, Al Azhar, Sekolah Tunas Bangsa, Pahoa
University: Universitas Multimedia Nusantara, Matana University, Stella Maris, Pradita Institute
Hospital & Health: Bethsaida, St. Carolus, Mitra Keluarga, Prodia, Siloam Mom and Child Clinic, Royal Dental Hospital, Bio Medika, Klinik dan Apotek Surya Medika
Public Open Space: Scientia Square Park, Serenade Lake
Sports Venue: The Springs Club Summarecon, Gading Raya Golf and Sports Club, Golden Camp Muay Thai, Etoile Dance Center, Gold’s Gym, Best Fitness, Icon Futsal, Futsal Nation
Transportation: Shuttle Bus to Jakarta, Soekarno-Hatta International Airport, Feeder to TransJakarta
Hall and Convention Center: Basilea Convention Center, Unity Building Ballroom, Royal Ballroom (The Springs)
Office:
SOHO Office Park, Scientia Business Park, Graha Anabatic, Paramount Plaza, Plaza Summarecon Office, M-Town Office Tower, Dwiputra Office, Grha CBA, Esa 8, One PM Lifestyle Building, Indosurya Tower
ATM & Bank: BCA (Alfamart sektor 7, Alfamidi, KCU Gading Serpong), Mandiri ( Alfamart sektor 7), BCA KCU Gading Serpong
Government: Kantor Kecamatan Kelapa Dua, Kantor Polsek Kelapa Dua, Kantor Kades Curug Sangereng, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cikupa / Tigaraksa
Nearby Activity Center: BSD City, Karawaci, Alam Sutera

Rent Rate: Rp 3.000.000,00 per bulan (furnished/ negotiable) belum termasuk biaya listrik dan air. Minimum sewa per 3 bulan.

Contact Person: Yacintha +62 815 130 23 717 (Call/SMS/WA)

Kawasan Gading Serpong dan Sekitarnya

Kawasan Gading Serpong berlokasi di provinsi Banten. Kebanyakan orang mengira Gading Serpong merupakan bagian dari kota Tangerang.

Secara administratif, Gading Serpong merupakan bagian dari kabupaten Tangerang, setingkat tapi berbeda dengan Kotamadya Tangerang dan tentunya bukan kotamadya Tangerang Selatan.

Serpong sendiri sebenarnya merupakan nama daerah di Tangerang Selatan sehingga Gading Serpong bukan merupakan bagiannya. Penamaan ini lebih cenderung menjadi branding dari developer agar orang lebih mudah mengenalinya.

Sekalipun bukan merupakan kotamadya Tangerang yang seringkali menjadi bagian dari kota metropolitan DKI Jakarta, dengan kemudahan akses dan jaraknya, pengembang tetap melihat potensi pasar.

Mereka yang bekerja di Jakarta dan menginginkan untuk memiliki rumah sendiri tapi tidak bisa di lahan Jakarta yang sudah padat dan mahal, sekarang memiliki pilihan untuk tinggal di Gading Serpong.

Persaingan Dua Developer

Paramount Land dan Summarecon awalnya secara bersama-sama mengembangkan kawasan Gading Serpong. Nama Gading sendiri sudah menjadi ciri khas dari kawasan hasil pengembang Summarecon. Kelapa Gading di Jakarta merupakan salah satunya.

Gambar di atas adalah gambar kawasan Gading Serpong dan masterplan yang dikembangkan oleh Summarecon. Area yang lebih gelap merupakan bagian yang dikembangkan oleh Paramount atau sudah dikembangkan lebih dulu.

Sebaliknya gambar di bawah ini adalah masterplan dari Paramount. Area berwarna hijau yang luas merupakan area yang dikembangkan oleh Summarecon.

Apapun yang terjadi, keduanya memilih untuk berpisah mengembangkan kavlingnya masing-masing. Paramount pun lahir hasil dari konflik ini dan Gading Serpong merupakan proyek pertama bagi Paramount sebagai developer.

Alhasil, ketimbang melakukan pembangunan secara kolektif dan saling mendukung, yang terjadi justru persaingan dalam satu kawasan. Satu developer menyediakan satu fasilitas, developer lain menyediakan tandingannya.

Di satu sisi, konsumen menjadi punya pilihan dari kedua developer tersebut. Akan tetapi, di sisi lain, pemanfaatan ruang menjadi tidak optimal.

Sebagai contoh, Summarecon terlebih dahulu membangun rumah sakit Santo Carolus untuk ibu dan anak. Paramount kemudian membangun Bethsaida yang jauh lebih besar dan tidak hanya untuk layanan ibu dan anak saja. Hal ini memaksa Summarecon untuk menaikkan kelas rumah sakitnya menjadi rumah sakit umum untuk bersaing.

Ada banyak fasilitas lain yang menunjukkan persaingan tersebut. Akan tetapi, bagi Paramount yang masih pemain baru di bidang properti, ada yang tidak bisa mereka saingi dari Summarecon. Misalnya seperti Summarecon Mal Serpong yang menjadi satu-satunya dan tidak ada saingan dari Paramount.

Karakteristik Gading Serpong

Bisa dilihat secara sepintas bahwa dibandingkan Jakarta yang padat, Gading Serpong cenderung masih banyak ruang terbuka. Jalanan juga cukup besar, juga masih terdapat sejumlah lahan kosong.

Skala bangunan yang ada juga kebanyakan berupa ruko setinggi 3 atau 4 lantai. Ada beberapa gedung tinggi dan yang paling tinggi tidak lebih dari 40 lantai.

Hal ini membuat Gading Serpong tidak terlalu panas dan padat. Masih bisa menikmati angin, bahkan badai dalam kondisi cuaca buruk.

Perumahan berupa kantong-kantong kompleks cluster yang hanya bisa diakses melalui satu gerbang. Tiap cluster juga dilengkapi dengan club housenya masing-masing untuk berolahraga.

Kedua developer masih terus membuka cluster perumahan baru untuk ditawarkan ke pembeli.

Jika menggunakan layanan Google atau layanan lain yang menggunakan GPS, masih bisa ditemukan sejumlah nama jalan yang berbeda. Umumnya developer akan berusaha untuk rebranding nama jalan tersebut agar lebih mudah dikenal.

Contohnya jalan Trimezia Raya, yang menjadi alamat apartemen di beberapa aplikasi masih menggunakan nama Jalan Pelepah Kuning.

Retail dan Fasilitas Gading Serpong

Ada sejumlah layanan atau fasilitas yang cukup mendominasi retail dan ruko di Gading Serpong. Secara prinsip memang menggambarkan arah pengembangan kawasan yang berorientasi pada mahasiswa atau keluarga muda.

Gedung pusat perbelanjaan sendiri hanya ada dua milik Summarecon, Mal Serpong dan Digital Center. Ada beberapa lain yang lebih kecil atau hanya merupakan pasar modern, dengan waktu operasional terbatas atau secara mandiri di ruko-ruko.

Ruko sendiri juga masih banyak yang kosong, belum terisi. Kebanyakan yang terisi berupa rumah makan tersedia dengan beragam pilihan.

Dengan mudah akan banyak ditemukan rumah makan khas daerah luar seperti Medan, Bangka, Pontianak terutama masakan mie. Selain itu juga banyak ruko berupa kafe atau kedai kopi.

Ada juga komplek ruko yang memang fokus menjadi pusat kuliner. Tiap gedung bisa melayani satu restoran atau satu food court untuk sejumlah restoran.

Karakter retail ruko lain yang banyak terdapat di Gading Serpong adalah fasilitas ibu dan anak. Baik yang menawarkan pendidikan sebelum sekolah dasar, layanan kesehatan, atau toko peralatan bayi.

Untuk aktivitas outdoor Scientia Square Park menawarkan berbagai kegiatan seperti memanjat, bermain dengan hewan, bertani, olahraga extreme. Fasilitas ini lebih fokus untuk setidaknya anak sekolah dasar.

Selain itu juga fasilitas terkait properti menghiasi banyak ruko mengingat banyaknya properti baru yang terus dibangun untuk investasi. Bisa berupa layanan notaris, kredit dan pendanaan, agen properti, toko bahan bangunan hingga home furnishing. Tidak terlewatkan juga layanan logistik untuk pengiriman barang dalam ukuran besar.

Karakter lain berupa industri Otomotif. Kedua developer bahkan menyediakan area bursa mobilnya masing-masing. Pengunjung tidak hanya bisa reparasi, cuci, modifikasi mobil dan melakukan jual beli.

Bagi yang memiliki hewan peliharaan, banyak juga terdapat layanan Pet Care. Mulai dari hotel, dokter hewan, pet shop, hingga tempat training lengkap dengan kafe.

Fasilitas sekolah, selain untuk anak usia dini, juga tersedia dari jenjang TK hingga SMA dan perguruan tinggi. Berbagai layanan percetakan dan toko alat tulis, warnet yang juga melayani fotokopi dan scan masih bisa ditemukan terutama di dekat sekolah dan kampus.

Bagi yang membutuhkan layanan perawatan diri, di Gading Serpong juga tersedia. Mulai dari salon dan barbershop, pijat refleksi, skin care, sulam alis. Tidak jarang layanan ini cukup kecil sehingga menyatu dengan layanan lain dalam ruko.

Kawasan Sekitar Gading Serpong

Kawasan Gading Serpong ini dikelilingi kawasan lain yang juga telah lama berkembang hingga menjadi kota mandiri dan menyediakan banyak fasilitas yang melengkapi fasilitas di Gading Serpong. Akses cukup dekat, bisa dengan layanan ojek online, dengan jarak seperti antar kota di wilayah DKI Jakarta.

Di sisi timur terdapat kawasan Alam Sutera. Di sini terdapat 2 pusat perbelanjaan Living World dan Mall @ Alam Sutera, pusat kuliner The Flavor Bliss.

bagi yang membutuhkan home furnishing untuk dirakit sendiri bisa juga mengunjungi IKEA di kawasan ini. Untuk sekolah yang terkenal juga terdapat Santa Laurensia dan Binus bisa diakses tidak terlalu jauh dari Gading Serpong.

Di sisi selatan terdapat kawasan BSD City. Akses langsung dari sisi selatan yang ditandai dengan area perbelanjaan QBig.

Beberapa fasilitas yang terkenal antara lain ICE, AEON Mall, Pasar Modern, dan berbagai universitas seperti Binus dan Prasetya Mulya. Tidak lupa adanya city shuttle yang gratis untuk berkeliling ke seluruh kawasan BSD City.

Di sisi barat terdapat kawasan Lippo Karawaci. Ada Supermall dan Universitas Pelita Harapan juga Cyberpark.

Berbatasan dengan Gading Serpong melalui jalan Raya Legok. Perlu diingat bahwa jalanan ini cukup sempit untuk mewadahi kedua kawasan sehingga lebih baik mencari jalur alternatif jika menggunakan mobil atau akan lebih mudah dengan motor atau layanan ojek.

Di sisi utara terdapat kawasan kota Tangerang. Selain Grand Serpong Mall, jika mau berjalan agak jauh ada Tangerang City Mall. Di antaranya masih terdapat pusat perbelanjaan Carrefour di area Cikokol.

Dari Cikokol ini juga terdapat sejumlah pool bus yang bisa mengantar baik ke barat hingga pelabuhan Merak atau menuju daerah lain di bagian timur pulau Jawa.

Semua itu hanya sebatas fasilitas-fasilitas besar. Masih banyak lagi sejumlah fasilitas dengan skala yang lebih kecil di kawasan sekitar tersebut maupun di sepanjang jalan dengan Gading Serpong atau bahkan yang akan terus bertambah.

Hal ini membuat mereka yang tinggal di Gading Serpong dan sekitar tidak akan kekurangan pilihan. Baik untuk berlibur atau pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Biasanya memang hal ini membuat Gading Serpong dan sekitarnya menjadi tujuan warga Jakarta untuk berlibur di weekend. Kemacetan bisa dibilang lebih parah dari kemacetan dalam Jakarta sendiri di hari biasa.

Oleh karena itu, di waktu ini akan lebih baik menggunakan layanan ojek atau kendaraan pribadi. Layanan taksi dengan argonya di hari weekend bisa terlalu besar akibat kemacetan.

Akses Transportasi

Dengan sejumlah akses tol, menggunakan kendaraan pribadi maupun layanan taksi online, Gading Serpong menjadi terhubung dengan banyak kawasan. Tol Pantura – Merak, akan bisa menghubungkan langsung hingga pelabuhan Merak, di antaranya melewati Serang dan Cilegon. Dari pelabuhan bisa menuju Lampung atau daerah lain di Sumatera.

Dari tol ini juga bisa menuju ke tol lingkar luar Jakarta. Tidak cukup sulit dari tol ini untuk mengakses sejumlah kawasan di Jakarta atau kawasan sekitarnya seperti Depok, Bogor dan Bekasi.

Alternatif lain juga bisa akses tol melalui kawasan BSD City terlebih dahulu. Dari pintu tol BSD ini juga terhubung ke tol lingkar luar Jakarta. Mungkin akan lebih dekat bagi mereka yang mau atau dari Jakarta Selatan.

Dari tol pantura juga bisa akses langsung menuju bandara Soekarno Hatta. Dengan akses bandara internasional ini, bisa terhubung dengan berbagai wilayah domestik hingga mancanegara.

Transportasi publik yang tersedia di sejauh ini hanya shuttle bus milik Summarecon. Selain bus untuk keliling area Gading Serpong sendiri, Summarecon juga menyediakan bus menuju Jakarta, bandara Soekarno Hatta dan kawasan Citra Raya.

Di Jakarta sendiri terdapat beberapa titik pemberhentian seperti Benhil atau FX Sudirman, Citraland, Mangga Dua dan Kelapa Gading. Sebagai alternatif, BSD City juga menyediakan transportasi bus dengan tujuan Mangga Dua, Harmoni dan Pasar Baru, dan Plaza Senayan via Pondok Indah dan Ratu Plaza.

Untuk moda kereta api, yang terdekat hanya dari stasiun Serpong dengan lintasan antara Merak dan Tanah Abang, Jakarta. Perlu menggunakan ojek online dari atau menuju Gading Serpong.

Dari Jakarta sendiri juga terdapat layanan TransJakarta menuju Karawaci. Bisa gunakan koridor T11, Poris Plawad – Bundaran Senayan dan turun di Islamic Center, Karawaci di jalan raya Legok yang menjadi perbatasan antara Karawaci dan Gading Serpong.

Untuk berangkat dari Gading Serpong ke Jakarta harus naik dari Hypermart Cyberpark dan akan menuju ke Bundaran Senayan. Dari titik tersebut terhubung jaringan TransJakarta hingga ke seluruh wilayah DKI atau pindah moda transportasi menggunakan MRT yang sudah beroperasi.

Untuk bus umum, yang terdekat bisa dari Cikokol Tangerang, menuju sejumlah kawasan seperti Merak, Cilegon dan Serang maupun ke arah timur seperti Bogor, Depok, Tasikmalaya, Bandung.

Mengenai Apartemen Beverly 90210

Di bagian berikut akan dibahas mengenai apartemen Beverly secara keseluruhan. Mungkin informasi yang ada bisa membantu memahami perkembangan yang terjadi dengan apartemen serta efeknya pada kualitas pelayanan yang tersedia saat ini.

Paramount Land selaku Developer Baru

Bisa dikatakan bahwa kawasan Gading Serpong ini merupakan proyek pertama dari Paramount yang seharusnya dikerjakan bersamaan dengan developer Summarecon. Paramount memegang sebagian kecil kawasan untuk dikembangkan.

Didirikan di tahun 2006, dengan jam terbang yang relatif lebih sedikit sebagai developer, harus dipahami bahwa masih banyak kekurangan yang akan terjadi dari pembangunan yang dilakukan Paramount. Malah ada kecenderungan Paramount justru sibuk melakukan ekspansi bisnisnya ke daerah lain.

Apartemen Beverly 90210 merupakan apartemen yang disediakan di area milik Paramount. Tujuan awalnya untuk mewadahi kebutuhan hunian bagi para mahasiswa dengan semakin banyaknya institusi pendidikan yang ada di Gading Serpong maupun sekitarnya.

Akibat fokus ekspansi bisnisnya, bisa dilihat berbagai fasilitas yang dijanjikan sewaktu penjualan masih belum terealisasikan hingga sudah lima tahun beroperasinya apartemen. Fasilitas seperti perpustakaan, restoran, bahkan fitness yang banyak dicari calon penghuni belum juga terisi.

Fasilitas seperti retail yang umumnya ada di lantai dasar apartemen belum ada. Justru bisnis ruko di sekitar yang malah menyediakan lebih dahulu.

Awalnya Paramount juga menawarkan kepada para pemilik unit untuk menitipkan pengelolaan penyewaannya kepada mereka. Kepada pemilik dijanjikan keuntungan pasti tanpa perlu memikirkan okupansinya.

Entah berapa angka yang dijanjikan secara pasti, yang jelas hal tersebut sudah tidak lagi berlaku setelah 2 tahun berjalan. Unit apartemen kini dikembalikan kepada pemilik dan pemilik diminta untuk mengelolanya secara mandiri.

Parador Property Management selaku Pengelola

Seperti disebutkan di atas, Paramount yang berusaha untuk ekspansi bisnisnya di daerah lain akhirnya sedikit banyak mengorbankan pelayanan di Gading Serpong. Salah satunya dengan membatasi pengelolaan dan pengembangan apartemen.

Parador Hotel and Resorts, yang didirikan tahun 2012, selaku pengelola merupakan pengelola untuk seluruh kawasan Gading Serpong, bukan terbatas untuk pengelola apartemen saja. Begitu juga dengan tenaga teknisi dan kebersihan yang tersedia, umumnya mereka bertugas untuk berbagai gedung sehingga ada kemungkinan ketika dibutuhkan di satu tempat harus menunggu terlebih dahulu.

Begitu juga ketika petugas yang ditempatkan tidak bisa hadir, akan didatangkan petugas dari gedung lain. Umumnya pengganti ini akan membutuhkan waktu penyesuaian lagi karena tidak terbiasa mengelola apartemen, mungkin dari kluster ruko.

Bagian administrasi pengelola harian terdapat 2 orang yang selalu berjaga dari Senin hingga Sabtu. Sementara teknisi bangunan ada 3 orang untuk saat ini.

Kebersihan juga hanya terdapat satu orang yang ditugaskan secara spesifik di gedung. Sementara kebersihan harian keseluruhan gedung menggunakan jasa outsourcing.

Petugas keamanan yang juga menjadi resepsionis ada setidaknya dua orang untuk dua lobi yang selalu ditempatkan. Hanya petugas keamanan yang berjaga 24 jam sehingga jika memerlukan bantuan tenaga teknis, petugas keamanan ini yang akan memanggilkan dari gedung lain.

Seringkali petugas keamanan ini juga tidak paham akan tugasnya tersebut. Sementara untuk administrasi harus menunggu hingga pagi hari lagi.

Dengan memahami informasi ini diharapkan penghuni maupun pemilik yang menyewakan untuk bersiap akan kondisi terburuk yang mungkin terjadi dan menyesuaikan dengan pelayanan yang ada. Terutama untuk urusan teknis, seperti korsleting listrik di malam hari yang membutuhkan tenaga teknis untuk menyalakan kembali.

Desain Apartemen Beverly 90210

Umumnya, desain apartemen dimulai dari bentuk unitnya. Di Beverly, unit apartemen yang tersedia hanya satu tipe yaitu tipe studio.

Tiap unit standard berukuran 4 x 6 m dan memungkinkan untuk 2 unit disatukan menjadi tipe 2 kamar tidur, tergantung dari pemiliknya. Satu tipe standard ini kemudian dibuat memanjang dan dua sisi dengan satu koridor di tengah tiap lantainya.

Bentukan ini kemudian dibangun 9 lantai ke atas menjadi satu menara. Dengan desain serupa, Beverly memiliki 3 menara yang dihubungkan dengan dua menara lift di antaranya dan satu lantai basement.

Menara disusun memanjang arah utara-selatan sehingga tiap unit menghadap timur atau barat. Menara A yang di sisi selatan, dekat gerbang masuk,

Menara A dan C memiliki masing-masing 21 unit per lantai dan terdapat 8 lantai hunian. Menara B 14 unit per lantai untuk 8 lantai hunian, dengan lantai kedua untuk fasilitas kolam renang dan fitness serta kamar mandinya.

Maksimal terdapat 440 unit studio apartemen jika tidak ada yang disatukan.

Menara B sendiri direncanakan untuk memiliki Sky Deck di lantai 10. Yang bisa diakses melalui lift di antara B dan C atau melalui tangga.

Lantai dasar hanya untuk lounge, lobi, dan rencananya area retail. Apartemen juga memiliki bagian semi basement yang hanya digunakan untuk area parkir terbuka.

Basement digunakan untuk parkir motor, mobil dan sepeda. DI sini juga terdapat ruang untuk manajemen apartemen, kantor para teknisi, layanan laundry, dan ruang pengolahan limbah.

Dari gambar rencana, jumlah parkir yang disediakan hanya sekitar 150 mobil. Realitanya jumlah ini masih harus dikurangi dengan parkir motor, sepeda dan kebutuhan lainnya.

Awalnya apartemen ini ditargetkan untuk kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Gading Serpong maupun sekitarnya. Desainnya juga diarahkan untuk mendorong penghuninya untuk menggunakan sepeda sebagai salah satu moda transportasi.

Lokasi dan Akses

Akses paling mudah untuk mencapai apartemen ini adalah melalui Jalan Raya Gading Serpong Boulevard dari arah utara ke selatan. Sebelum mencapai rumah sakit Bethsaida akan ada jalan di sebelah kanan dengan tulisan L’Agricola. Ini adalah jalan raya Curug Sangereng, atau jalan L’Agricola.

Untuk sampai ke jalan tersebut harus putar balik di perempatan dekat kawasan Scientia, dekat Giant dan hotel JHL. Belok kiri setelah melewati gedung BCA dan jembatan.

Masuk di jalan L’Agricola ini kita akan langsung melihat deretan ruko Agricola. Setelah berjalan sekitar 500 meter akan terlihat ruang terbuka dan gerbang Trimezia di sebelah kanan. Untuk memudahkan mengingat, ada Alfamart yang bisa dijadikan patokan.

Masuk melalui gerbang tersebut akan sampai langsung ke gedung apartemen di sebelah kiri. Di ujung jalan Trimezia Raya ini akan ada lagi cluster perumahan Trimezia village yang dijaga oleh petugas.

Lokasi apartemen ini berada di antara area Scientia, Paramount Center atau Paramount Plaza, Pasar Modern Paramount dan Summarecon Mal Serpong. Dari jalan Gading Serpong Boulevard berada di sisi barat.

Di ujung jalan raya Curug Sangereng ini bisa ditemukan kantor kecamatan Kelapa Dua. Di dekat kantor ini juga terdapat sekolah Tarakanita.

Fasilitas Bersama Apartemen dan Sekitarnya

Berikut adalah ulasan tentang fasilitas dan layanan yang tersedia di apartemen Beverly. Di bagian ini juga akan dibahas mengenai layanan di luar dan sekitar apartemen yang bisa melengkapi fasilitas yang sudah tersedia ataupun sebagai alternatif.

Layanan Manajemen

Manajemen apartemen Beverly dikelola oleh Parador Property Management. Kantornya berada di lantai B1 di antara kedua titik lift.

Untuk saat ini operasional manajemen dilakukan oleh dua orang yang akan selalu berjaga dari hari Senin hingga Sabtu dengan waktu mulai dari jam 09.00 hingga sore hari jam 17.00.

Ada sejumlah layanan yang bisa dipakai melalui jasa manajemen dengan datang ke lantai B1. Selain yang sifatnya administrasi, ada juga layanan yang bersifat pengerjaan jasa yang bisa dipakai dengan membayar biaya tambahan.

Layanan Pendaftaran Penghuni. Hal ini penting bagi mereka yang baru masuk dan akan menempati apartemen untuk jangka waktu yang lama. Dengan mendaftar sebagai penghuni, manajemen bisa memberikan layanan khusus penghuni seperti perbaikan kartu akses.

Layanan pelaporan pemindahan barang. Ini juga hal yang perlu dilakukan oleh penghuni. Dengan melaporkan pemindahan barang terutama yang besar seperti kasur dan furniture besar lainnya yang memerlukan mobil box untuk mengangkutnya, manajemen bisa memberikan bantuan tenaga security untuk membantu proses pemindahan barang.

Jika direncanakan dengan tepat, manajemen bisa memberdayakan tenaga kebersihan yang sedang bertugas untuk membantu pengangkutan barang.

Layanan Cetak dan Perbaikan Kartu Akses. Penghuni tidak perlu kesulitan dan bisa mengakses sendiri lift ke lantai huniannya kapanpun. Tanpa melakukan pendaftaran, pencetakan kartu hanya bisa dilakukan oleh pemilik bukan penghuni yang menyewa.

Biaya cetak per kartu sebesar Rp 50.000,00.

Layanan perbaikan teknis. Untuk memperbaiki kerusakan teknis yang berkaitan dengan unit apartemen. Hal ini bisa berupa perbaikan pipa bocor, listrik atau lampu yang mati. Bisa juga untuk bel, intercom atau jika handle pintu yang rusak.

Jika terjadi korsleting hingga mati listrik dalam satu unit, penghuni perlu meminta bantuan langsung ke manajemen untuk menyalakan kembali. Seandainya kondisi ini terjadi di malam hari, perlu meminta melalui resepsionis atau petugas jaga untuk memanggilkan teknisi dari gedung lain.

Layanan resepsionis / lobi. Bisa diakses melalui intercom, petugas akan memberitahu tentang kedatangan tamu, barang atau makanan kiriman ke unit yang bersangkutan. Sebaliknya penghuni juga bisa menghubungi dan menanyakan jika ada barang kiriman yang datang ketika sedang tidak ada di rumah.

Barang yang diterima selain makanan biasanya akan dicatat dan perlu tanda tangan untuk pengambilan. Resepsionis atau security juga bisa membantu membukakan akses lift bagi tamu ke lantai hunian setelah persetujuan penghuni.

Layanan Kebersihan Unit, untuk membersihkan seluruh ruangan unit baik ruang utama, kamar mandi, dapur dan area luar jendela. Jika diminta, pembersihan juga bisa mencakup bagian dalam perabotan seperti dalam kulkas, lemari dan laci.

Kunci bisa dititipkan ke manajemen jika sulit mencari waktu yang pas. Manajemen akan melakukan pemantauan selama proses pembersihan. Proses bisa memakan waktu antara 1 hingga 2 jam bergantung dari kondisi ruangannya.

Biaya kebersihan sebesar Rp 100.000,00 sudah termasuk alatnya. Disarankan untuk menyediakan waktu di pagi hari mulai pukul 10.00 hingga 12.00 atau setelah istirahat siang mulai pukul 13.30 hingga proses selesai.

Layanan Pembersihan Grease Trap, untuk membersihkan filter dapur, terpisah dengan layanan kebersihan unit. Pembersihan memerlukan alat sedot khusus dan proses pembersihan hanya memakan waktu sekitar 30 menit.

Jika diperlukan layanan bisa dipesan bersamaan dengan kebersihan unit. Biaya untuk pembersihan grease trap ini sebesar Rp 100.000,00.

Disarankan untuk dibersihkan setiap sebulan sekali bagi yang sering memasak. Jika tidak, bisa lebih tahan lama.

Layanan tagihan listrik dan air. Manajemen akan mencetak tagihan dan mengirimkan tagihan langsung ke unit.

Layanan servis AC. Manajemen bisa membantu memanggil teknisi khusus untuk servis reparasi unit AC. Biaya sekitar Rp 80.000,00.

Layanan bagi pemilik unit. Ada pun berbagai layanan lain yang sifatnya hanya bagi pemilik unit apartemen. Hal ini mencakup layanan renovasi, pemasangan peralatan dalam unit seperti water heater, gorden, rak dinding, exhaust fan, bracket untuk TV dsb.

Lounge dan Area Outdoor

Apartemen Beverly memiliki 2 lobi dan 2 area lounge. Masing-masing di lantai dasar dekat dengan lift.

Lounge terdiri dari beberapa ruang duduk bersama. Beberapa sofa dengan meja kopi bisa dimanfaatkan terutama bagi mahasiswa yang mengerjakan tugas bersama tanpa mau kehilangan privasi di unit apartemennya.

Sayangnya titik stop kontak yang tersedia cukup terbatas. Akan tetapi terdapat toilet umum untuk mereka yang datang bertamu.

Lounge juga dilengkapi dengan koneksi internet WiFi. Koneksi internet akan lebih baik jika diakses dari tempat yang lebih dekat dengan resepsionis karena di situ letak routernya.

Penghuni bisa menggunakan area ini jika merasa jenuh di unit apartemen. Dengan kondisi full AC, bisa nyaman untuk menunggu kedatangan tamu, kiriman barang atau jemputan ojek atau taksi.

Biasanya lampu ruang ini dimatikan di waktu malam. Mungkin karena tidak ada yang menggunakan atau karena petugas pun biasa tertidur di sini.

Bagi mereka yang mau merokok atau mau mencari udara segar di luar, ada ruang duduk bersama di koridor luar dekat dengan lounge. Sayangnya area yang tersedia tempat duduk justru malah terbuka dan tidak bisa digunakan ketika hujan.

Di lounge juga tersedia majalah Voice dari pengembang Paramount yang bisa dibaca di tempat atau diambil oleh penghuni. Di dalamnya terdapat beberapa ulasan dan info terkini mengenai fasilitas di Gading Serpong. Majalah dirilis setiap beberapa bulan sekali.

Lift dan Kartu Akses

Terdapat 4 lift yang terbagi di dua titik menara. Tiap titik melayani 2 menara hunian, terdiri dari 1 lift penumpang dan 1 lift barang.

Lift di antara menara A dan B hanya sampai pada lantai 9 sementara di menara B dan C bisa akses hingga lantai 10. Secara umum akses ke lantai hunian ini harus menggunakan kartu akses.

Kartu akses ini juga diatur hanya untuk akses ke lantai yang dituju, tidak semua lantai, kecuali milik petugas keamanan. Cukup dengan menempel kartu di dalam lift, otomatis lift akan ke lantai yang dituju.

Hanya lantai B1, lantai dasar dan lantai dua yang tersedia fasilitas olahraga, yang bisa diakses tanpa menggunakan kartu, bisa langsung dengan menekan tombol saja. Mungkin nanti juga lantai 10 jika fasilitas Sky Deck sudah beroperasi.

Masalah dan Saran

Manajemen juga melakukan perawatan lift secara berkala. Akan tetapi bukan berarti lift yang tersedia menjadi tidak bermasalah.

Menurut teknisi yang ada, lift juga pernah mati secara mendadak dengan penumpang di dalamnya. Jika hal ini terjadi, tidak perlu panik, cukup menekan tombol darurat yang ada di dalam lift.

Kartu akses juga bukan tanpa masalah. Sering kali kartu berfungsi di lift yang satu tapi tidak untuk lift yang lain.

Secara umum penghuni tidak dibatasi untuk menggunakan lift hanya dari lift terdekat saja. Bisa menggunakan keempat lift jika yang terdekat mengalami kerusakan.

Solusi yang ditawarkan oleh manajemen untuk kartu akses adalah penggantian kartu. Akan tetapi ini juga terkadang tidak berfungsi dengan baik.

Solusi lain yang mungkin ditawarkan adalah adanya lift yang dioperasikan tanpa batas kartu akses hanya seperti lift biasa. Lift mana yang dioperasikan demikian akan ditentukan dan diganti sesuai keadaan.

Dalam keadaan kehilangan, kerusakan kartu atau kartu tertinggal di luar, penghuni tetap bisa minta tolong kepada petugas jaga untuk membukakan akses lift ke lantai yang dituju. Bisa akses ke lantai lobi terlebih dahulu yang bisa diakses tanpa kartu untuk menemui petugas jaga.

Memang petugas akan dan seharusnya bertanya tentang identitas, kecuali jika petugas tersebut sudah cukup mengenal. Oleh karena itu, terutama pengguna kendaraan pribadi, bukan hal yang buruk untuk terkadang turun ke lobi dan menyapa petugas sehingga dalam keadaan terburuk mereka bisa membantu.

Walaupun petugas tersebut akan berjaga di lobi selama 24 jam, pada malam hari petugas ini kemungkinan tertidur di area lounge. Memang tidak perlu segan untuk membangunkannya tapi juga sebaiknya dipersiapkan jika harus pulang setelah tengah malam.

Kemungkinan terburuk adalah dengan naik menggunakan tangga yang tersedia. Tangga ini bisa diakses ke seluruh lantai. Mungkin ada baiknya naik lift dari lantai 2 terlebih dahulu atau turun dari lantai 10.

Petugas bisa membantu akses ke lantai hunian akan tetapi tidak untuk kehilangan kunci ke unit apartemen. Akan lebih baik untuk memiliki tempat penyimpanan kunci cadangan di luar dari apartemen seperti di rumah saudara atau teman dekat.

Kolam Renang

Fasilitas kolam renang terdapat di lantai dua, bagian Tower B berdekatan dengan area fitness. Fasilitas dapat diakses lewat tangga atau tanpa kartu. Waktu operasi tidak 24 jam seperti yang dipromosikan, dari pukul 06.00-21.00.

Per Juni 2019 diubah waktu pemakaian hanya sampai pukul 19.00. Ukuran kolam renang kira-kira 5 x 24 meter.

Direncanakan untuk dipakai secara terbatas, hanya pemegang kartu akses yang boleh dan membawa maksimal 1 orang. Ke depannya akan dikenakan fee bila lebih.

Saat ini manajemen belum menyediakan penjaga untuk memantau sehingga masih bebas. Sebaliknya, tidak ada juga penjaga penyelamat. Oleh karena itu, jika membawa anak, diharapkan untuk tetap menjaga keselamatannya. Usia di bawah 12 tahun harus didampingi orang dewasa.

Saat ini pengguna juga belum terlalu banyak. Namun dengan kurangnya penjaga, diharapkan pengguna untuk tetap menjaga barang miliknya masing-masing, belum ada penitipan.

Kolam juga dilengkapi dengan dua area deck kayu di ujungnya. Biasanya setelah berenang, pengguna dapat duduk santai cari angin.

Kolam semi terbuka, tidak bisa dan tidak boleh dipakai ketika hujan. Dengan rencana fasilitas fitness, tersedia toilet dan kamar mandi umum, masing-masing 2 untuk pria dan wanita. Tidak ada ruang ganti atau harus menggunakan kamar mandi.

Fitness / Gym dan Alternatifnya

Sayangnya area fitness belum dilengkapi dengan peralatan. Padahal fasilitas ini yang banyak dicari oleh calon penghuni.

Ruang sudah tersedia dengan menggunakan AC dengan ukuran yang kurang lebih sama dengan ukuran kolam renang. Area ini ada di seberang kolam renang sehingga pengguna akan menggunakan kamar mandi yang sama.

Seharusnya manajemen bisa setidaknya mengadakan kelas seperti yoga, senam aerobik atau kursus yang penggunaan alatnya minimal sambil menunggu pembelian alat. Setidaknya bisa dibuka dan diberikan kebebasan bagi penghuni untuk mendatangkan sendiri instruktur.

Di kawasan Gading Serpong ini sudah cukup banyak fasilitas olahraga yang bisa jadi alternatif dari fitness di apartemen. Banyak fitness center, tempat kursus bela diri, kursus senam akan terus bertambah di ruko-ruko.

Summarecon juga menyediakan area club house yang di dalamnya terdapat fasilitas olahraga seperti The Springs Club dan Golf Club. Bisa kursus main golf bagi yang tertarik di sini.

Alternatif lain anda bisa menggunakan fasilitas ruang terbuka di Scientia Square Park. Dengan jalan sekitar 15 menit dan menikmati area tersebut cukup untuk menguras tenaga.

Selain area yang luas dengan beberapa titik ruang terbuka dan jalan setapak, Scientia Square Park juga menyediakan berbagai aktivitas outdoor terutama untuk anak seperti area trampolin, panjat tebing, skating, memanah. Bisa juga membawa hewan peliharaan dan bermain dengan beberapa jenis hewan yang tersedia seperti kuda, ikan, kelinci,

Tidak hanya hewan, di Scientia Square Park juga ada bagian untuk mengenal tanaman dan bercocok tanam. Fasilitas ini bisa diakses dengan membayar tiket untuk satu hari atau membership selama setahun agar lebih murah.

Fasilitas-fasilitas ini umumnya meminta fee pemakaian atau dengan membership bulanan atau tahunan. Jika memang punya komitmen untuk menggunakan secara rutin, dengan biaya yang ditawarkan, mungkin bisa jadi alternatif.

Pilihan lain untuk olahraga secara gratis / murah adalah dengan jogging di komplek sekitar. Dengan konsep Gated Community, jogging di jalanan cluster perumahan menjadi pilihan banyak penghuni karena cenderung aman. Kalau anda merasa nyaman untuk meminta izin penjaga cluster, mungkin bisa menumpang jogging di cluster Trimezia, Magnolia atau Azalea.

Untuk apartemen ini sendiri, jogging bisa dilakukan di jalan Trimezia Raya, yang panjangnya sekitar 200 m. Bisa juga dilakukan di area parkir semi basement (sisi belakang apartemen) untuk lebih amannya.

Keluar dari area apartemen, bisa juga jogging di sepanjang jalan Raya Curug Sangereng. Bisa memanfaatkan area bundaran di depan cluster Azalea dan Magnolia. Jalanan ruko L’Agricola juga bisa digunakan, di dalam area rukonya untuk lebih aman.

Pilihan terakhir adalah menggunakan kompleks SOHO yang terhubung juga dengan ruko pasar modern (ruko thematic). Kompleks SOHO ini sebenarnya direncanakan untuk dibangun beberapa gedung. Saat ini hanya satu gedung hijau.

Karena pembangunannya berhenti, akhirnya tersedia banyak ruang kosong, seperti lapangan yang bisa digunakan untuk jogging atau jalan sehat di area parkirnya. Ruko thematic yang juga terhubung cenderung tidak terlalu ramai sehingga bisa jogging untuk keliling ruko tersebut.

Kalau jogging di pagi hari, bisa kemudian berbelanja kuliner untuk sarapan di dalam Pasar Modern Paramount. Tidak hanya bahan makanan tapi juga terdapat beberapa tempat makan atau jajanan.

Jika jogging di sore hari, mungkin bisa sekalian menunggu dibukanya kuliner malam di area parkir pasar modern, di luar gedung.

Sekali lagi ini hanya usulan untuk kondisi saat ini. Kawasan masih berkembang. Mungkin akan ada pembangunan yang akan mengambil ruang terbuka tersebut tapi sebaliknya akan bertambah juga fasilitas penunjang.

Area Parkir

Apartemen menyediakan area semi basement dan basement (B1) sebagai area parkir kendaraan baik, mobil dan motor.

Kekurangan dari area parkir yang berada tepat di bawah gedung apartemen, umumnya parkirnya cukup sempit dan sulit. Lebih mudah untuk parkir mobil di semi basement.

Parkir mobil di semi basement untuk sementara tidak terkena hujan. Dari rencana seharusnya ada area untuk parkir paralel dan ini tidak tertutup dari hujan. Sudah tersedia juga area parkir motor di dekat akses masuk lantai semi basement yang juga tidak tertutup ketika hujan.

Dari lantai semi basement ini bisa akses ke apartemen melalui tangga darurat, naik ke area outdoor lantai lobi jika tidak hujan. Sementara jika kondisi hujan, bisa turun menggunakan dengan tangga darurat juga ke lantai B1 dan ke hunian dengan lift.

Bagi Pengguna Sepeda

Untuk pengguna sepeda disarankan untuk hanya menggunakan B1 bukan yang semi basement karena tidak ada penjagaan.

Pengguna sepeda mungkin akan sedikit bermasalah dengan akses ke B1 mengingat tanjakan ramp yang cukup curam. Alternatifnya memang menggunakan sepeda lipat dan disimpan di dalam unit apartemen atau melalui ramp dan masuk dari area lobi, kemudian melalui lift turun ke basement.

Apartemen ini sebenarnya memang didesain untuk akses sepeda. Akan tetapi sepertinya manajemen tidak mempertahankan konsep tersebut.

Ramp di gambar bawah ini berada di balik logo BEVERLY 90210. Dari ramp ini langsung terhubung dengan lantai lobi. Bisa juga membantu bagi mereka yang menggunakan kursi roda.

Minimnya signage dan disorientasi

Untuk yang baru mengenal area apartemen, umumnya akses masuk parkir cukup membingungkan. Posisi pintu masuknya ada di dekat gerbang Cluster Trimezia (gerbang kedua yang ada penjaga), bukan gerbang Trimezia Raya. Untuk memudahkan ini ada di sisi utara (tower C).

Sementara untuk turun lagi ke B1, ramp kendaraan untuk turun berada di dekat akses keluar parkir, sisi selatan (tower A). Dari pengalaman pengiriman barang besar, pengirim bukan hanya tidak menemukan akses parkir tapi juga salah menggunakan ramp untuk turun ke B1. Signage petunjuknya cukup minim walaupun biasanya ada security yang bisa mengarahkan.

Kurangnya signage ini juga membingungkan ketika akses lobi dari B1 ke lantai hunian. Memang tiap menara terhubung di tiap lantainya tapi akan merepotkan ketika harus membawa banyak barang dan sendirian.

Pendaftaran Kendaraan

Dengan jumlah parkir yang terbatas, memang tidak mungkin mewadahi jumlah kendaraan sesuai jumlah unit. Oleh karena itu memang tidak ada jaminan dari manajemen untuk mendapatkan spot parkir sekalipun mendaftarkan kendaraan.

Pendaftaran hanya agar biaya parkir lebih murah. Pendaftaran juga dilakukan oleh pihak ketiga bukan manajemen. Pada dasarnya siapapun bisa menggunakannya walaupun bukan penghuni apartemen.

Oleh karena itu, mungkin kedepannya akan lebih baik untuk tidak memiliki mobil jika tinggal di apartemen ini. Motor atau sepeda masih lebih tepat. Untungnya layanan ojek dan taksi online bisa cukup membantu.

Jika menggunakan layanan taksi atau ojek online dengan membawa banyak barang belanjaan, lebih baik turun ke lantai B1 dan berhenti di lobi lift untuk memudahkan pengangkutan barang. Jangan lupa untuk menambah biaya parkir kepada pengantar.

Jika tetap ingin memiliki kendaraan, bisa mendaftarkan nomor kendaraannya di pos sebelah pintu keluar parkir. Pendaftaran hanya bisa dilakukan di hari kerja jam 09.00 hingga 15.00. Dengan kepemilikan yang sama bisa mengganti nomor kendaraan yang terdaftar, tidak perlu mendaftar yang baru.

Biaya parkirnya untuk saat ini adalah sebagai berikut.

  • Mobil Rp 3.000,- per jam
  • Motor Rp 2.000,- per jam
  • Mobil Box Rp 10.000,- per jam
  • Pencetakan kartu Rp 30.000,-
  • Mobil per bulan Rp 100.000,-
  • Motor per bulan Rp 50.000,-

Garbage Room dan Fire Safety

Posisi Garbage room ada di Menara B, dekat tangga sebelah lift. Garbage room ada dua tiap lantai.

Disarankan untuk tidak menimbun sampah di dalam unit atau membiarkannya berhari-hari. Terutama jika akan meninggalkan unit dalam waktu yang lama atau sampah organik seperti bekas makanan karena tetap bisa mengundang hewan seperti semut dan lalat.

Walaupun di dekat lift disediakan tempat sampah, disarankan untuk membuangnya di garbage room. Dalam peraturan, manajemen juga melarang penghuni jika membiarkan sampah tersebut di koridor luar unit.

Kadang kotak sampah hijau besar di garbage room lupa dikembalikan oleh petugas, mungkin untuk dibersihkan di tempat lain. Untuk keadaan demikian memang sebaiknya tetap menyediakan kantong plastik sampah sendiri dan sampah tetap diletakkan di ruang tersebut.

Di dekat garbage room juga tersedia fasilitas pencegah dan pemadaman kebakaran. Ada kotak Fire Hydrant dan Fire Extinguisher. Selain dekat garbage room, di Menara A dan C, peralatan juga tersedia di dekat tangga kebakaran. Bukan hanya tangga dekat lift tapi di tengah menara.

Peralatan ini juga tersedia di beberapa titik lain seperti di area lobi dan lounge. Sensor dan water sprinkler di langit-langit baik dalam unit maupun luar juga tersedia.

Berdasarkan pernyataan manajemen, peralatan ini tetap secara rutin diganti dan dilakukan perawatan berkala.

Layanan Laundry (Laundry-In)

Sejak Mei 2019, Laundry-In sepertinya sudah tidak lagi beroperasi di Beverly 90210.

Layanan laundry ini yang tersedia di apartemen juga bukan bagian dari manajemen. Hanya sebuah tenant dari pihak ketiga. Oleh karena itu memang tidak bisa seperti hotel, penghuni harus mengurus sendiri, bukan ke manajemen. Laundry In berada di B1.

Mungkin penghuni cluster Trimezia, Magnolia dan Azalea bisa menggunakan jasa laundry di apartemen ini sebagai pilihan jika sedang tidak bisa mencuci sendiri di rumah. Belum pernah dicoba tapi dari promosinya, ada layanan antar jemput gratis.

Untuk saat ini layanan Laundry In menawarkan cuci per kilo dengan harga Rp 9.000,-. Selesai dalam 2 hari dengan minimal 3 kilo. Ada paket yang lebih cepat selesai dengan harga per kilo yang lebih tinggi.

Seperti laundry kilo pada umumnya, untuk masa libur seperti lebaran, layanan laundry bakal penuh dan membutuhkan waktu lebih dari standard 2 hari. Dalam keadaan tersebut, laundry kilo lain pun kemungkinan akan menghadapi masalah yang sama.

Mungkin cuci mandiri di coin laundry bisa jadi solusi. Ada beberapa di Gading Serpong ini walaupun tidak di dekat apartemen.

Harga ini juga sudah standard, cenderung murah dibandingkan dengan beberapa layanan laundry lain di ruko L’Agricola di sekitar apartemen. Ada pun sistem deposit agar lebih murah dengan membayar Rp 400.000,- bisa untuk 50 kg selama sebulan, jadi per kilonya menjadi Rp 8.000,-.

Dari pengalaman, rasanya untuk satu atau dua orang, tidak perlu sampai menggunakan paket ini. Mungkin bisa dimanfaatkan untuk pemilik kos, rumah atau yang menyewakan beberapa unit apartemen. Tidak perlu khawatir dicampur asal diberikan ke laundry secara terpisah.

Untuk cuci sprei bisa digabungkan dengan cuci kilo atau bisa digabungkan dengan cuci bed cover. Biaya pencucian bed cover sekitar Rp 30.000,-.

Layanan juga tidak tersedia selama 24 jam sebagaimana dipromosikan oleh Paramount. Jam kerja resminya hanya dari pukul 09.00-21.00. Tapi dari pemiliknya mengatakan, dia akan berjaga dari jam 21.00 hingga kira-kira 23.00.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan Laundry In, bisa hubungi nomor 0812 8080-5477.

Alternatif Laundry

Seandainya pelayanannya dirasa kurang memuaskan atau sedang penuh, berikut adalah alternatif layanan Laundry di ruko L’Agricola yang bisa dicoba.

Smart Laundry (0851 0250 9628)
Laundry Works (0851 01 77777 8)
QQ Laundry (0811 9090 161)
HC Laundry (0858 1084 0408)

Jika mau mengurus sendiri di tempat yang lebih jauh, ada layanan laundry di ruko lain seperti ruko Santa Monica dengan biaya per kilo hanya Rp 6.500,00 dengan kualitas yang relatif sama dan minimal 4 kilogram.

Ada pun biaya paket yang memungkinkan untuk pengantaran secara gratis jika pakaian selama sebulan mencapai sekitar 30 kilo. Bisa coba hubungi Wash Up! (0878 571 09065). Ruko berada di seberang kantor kecamatan Kelapa Dua.

Di deretan ruko ini juga terdapat satu lagi layanan laundry yang tetap buka ketika libur seperti Lebaran di saat layanan laundry lain tutup selama karyawannya mudik.

Seperti disebutkan juga ada sejumlah layanan Coin Laundry di area Gading Serpong ini. Mungkin bisa dicoba untuk mereka yang membawa kendaraan sendiri dan punya waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri.

Di Gading Serpong juga terdapat sejumlah layanan cuci dan servis sepatu. Umumnya model bisnis ini menyatu dengan layanan potong rambut untuk pria dan biasanya tidak terbatas untuk sepatu, bisa tas juga.

Ada banyak layanan laundry lain di kawasan Gading Serpong yang mungkin juga dengan harga bersaing. Bisa dicoba jika memiliki kendaraan pribadi tapi setidaknya layanan yang tersedia di apartemen bisa dipakai untuk keadaan mendesak.

Retail dan Alternatifnya

Layanan berupa retail seperti toko obat dan minimarket merupakan layanan yang dijanjikan untuk disediakan di apartemen Beverly. Hingga saat ini yang tersedia hanya ruang kosong di lantai dasar yang sebenarnya siap untuk dipakai.

Oleh karena itu penghuni perlu mengetahui alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan belanja sehari-hari yang ada di sekitar apartemen untuk menggantikannya.

Untungnya ruko terdekat dari apartemen ini sendiri merupakan layanan minimarket Alfamart. Minimarket beroperasi selama 24 jam penuh setiap harinya sehingga bisa diakses kapan pun.

Perlu diingat bahwa untuk mencapai tempat ini dari apartemen tidak ada atap atau peneduh. Dalam musim hujan, sebaiknya lebih diatur waktu belanjanya terutama jika berjalan kaki tanpa payung.

Jika membutuhkan bahan makanan, tidak jauh dari apartemen juga terdapat layanan AlfaMidi. Di sini juga dijual ayam potong dan aneka buah utuh maupun potong. Selain itu juga tersedia beberapa sayur dan kentang yang sudah dikemas dan dijual per kantongnya.

Selain itu juga beberapa makanan beku serta peralatan makan dan masak yang tidak tersedia di Alfamart. Di sini juga tersedia layanan ATM BCA.

Dari dua minimarket ini anda juga bisa membeli air galon. Untuk merk AQUA biasanya stok mulai tersedia setiap hari Kamis.

Jam operasional Alfamidi mulai dari 07.00 pagi hingga 22.00. Mengingat bahwa penghuni akan sering berbelanja di kedua minimarket ini, mungkin bisa dimanfaatkan membership Alfa yang berlaku di keduanya.

Untuk sayur sebenarnya ada penjual tenda yang terletak di seberang gerbang Trimezia. Ada jembatan yang hanya bisa dilalui pejalan kaki atau motor. Jika memang membutuhkan biasanya penjual mulai berdagang di sore hari.

Disarankan agar berhati-hati melintasi jembatan ketika sudah malam. Tidak ada penerangan kecuali memanfaatkan lampu motor yang melintas. Jika melintas setelah hujan, ada kemungkinan jalan tersebut menjadi kotor.

Berjalan agak jauh sedikit ke arah barat terdapat area ruko sektor 7 yang juga tersedia 2 minimarket. Ada salah satu ruko Toko Buah Panda yang khusus berjualan aneka macam buah serta bisa dibuatkan menjadi jus.

Pilihan terdekat terakhir adalah berbelanja di Pasar Modern Paramount. Pasar hanya beroperasi dari pagi hingga siang hari. Jam 5 pagi, pedagang sudah mulai mengatur barang dagangannya.

Di sini bisa membeli berbagai bahan makanan mulai dari sayur, beras, daging ayam, aneka ikan, telur hingga daging babi dengan ukuran lebih sedikit. Untuk lebih murahnya tiap pedagang rata-rata siap menerima pembayaran menggunakan OVO atau Go-Pay dengan potongan harga.

Di pasar ini juga banyak tempat makan, aneka jajanan, kedai kopi, toko baju serta peralatan untuk masakan. Biasanya mereka yang berbelanja sudah menyiapkan troli sendiri dari rumah untuk membawa belanjaannya.

Lebih dari itu akan lebih baik untuk belanja bulanan di supermarket atau hypermarket. Tentunya lebih mudah bagi mereka yang berkendara pribadi.

Pilihannya bisa ke Giant, dekat rumah sakit Bethsaida, Farmer’s Market di Summarecon Mal Serpong, Hypermart, di seberang Summarecon Mal Serpong. Ada juga Rumah Buah di dekat McD dekat pintu masuk Gading Serpong sisi utara.

Jika menggunakan aplikasi online, seperti tukangsayur.co, bisa pesan antar. Pemesanan dilakukan malam hari dan akan diantar pagi harinya. Mungkin akan terbatas hanya bagi mereka yang ada di rumah hingga pukul 11 siang.

Restoran dan Tempat Makan Alternatif

Sekali lagi, layanan yang tidak tersedia di apartemen. Tentu saja bisa menggunakan layanan ojek online untuk pemesanan dan mengantar makanan tapi kebanyakan merupakan layanan dari restoran atau ruko.

Ruko di sekitar apartemen juga terdapat berbagai restoran yang relatif masih cukup terbatas pilihannya. Kebanyakan juga beroperasi tidak lebih dari pukul 10.00 malam.

Pilihan makanan di L’Agricola antara lain:
Rumah Makan Ranah Minang,
Nasi campur Amin 333 (non halal),
masakan pasta dari Clean Slate Coffee,
nasi kucing GOCI,
masakan rawon dari Warung Surabaya
aneka paket nasi, gudeg, langgi, bogana dari Sambel Bang Djo,
masakan Sunda dari Warung Spesial Sambal “SS”,
warung Indomie dari Hompimpa
Hunter’s Grill dan Grill Me (buffet)

Jika anda mencari alternatif yang lebih murah, perlu dipahami bahwa kawasan Gading Serpong memang tidak mendukung pedagang kaki lima untuk menetap. Oleh karena itu pedagang hanya bisa beroperasi pagi dan sore sudah harus kembali.

Pedagang keliling di malam hari bukannya tidak ada tapi sangat sedikit jumlahnya dan kalaupun ada masih tidak rutin berjualan di lokasi yang sama. Untuk mencari pedagang kaki lima ini perlu masuk ke area yang kurang dibangun oleh developer atau kawasan yang lebih lama sudah ada.

Yang terdekat ada di seberang selatan gerbang Trimezia. Ada jembatan hanya untuk dilalui pejalan atau motor. Ada beberapa penjual makanan tenda di seberang jembatan ini yang beroperasi di sore hari.

Jalan sedikit lagi ke selatan, akan ada sekolah SDN Cihuni yang di depannya juga terdapat berbagai warung makanan. Alternatif lain bisa ke arah barat menuju ruko sektor 7.

Selain restoran di dalam ruko juga akan ada sejumlah pedagang makanan di tenda yang beroperasi hanya di malam hari. Ada lebih banyak pilihan makanan di sini.

Yang tersedia di Sektor 7 saat ini ketoprak, nasi kebuli dan roti cane, tongseng, kebab, nasi Padang, sate Madura, bubur ayam, bakmie, pecel lele, martabak, putu, kelapa muda, jus buah, ayam dan bebek, gorengan, cendol, soto Lamongan, ayam goreng tepung,  serta nasi, mie atau kwetiau goreng.

Hari Minggu biasanya cenderung lebih sepi baik pembeli maupun penjual. Umumnya para satpam apartemen juga sudah terbiasa untuk membeli kebutuhan mereka di sini. Mungkin bisa diminta untuk membelikan jika sudah cukup mengenal.

Di sepanjang jalan Raya Curug Sangereng ini atau jalanan ruko L’Agricola, ada beberapa rumah yang dibuka menjadi rumah makan atau warung. Bisa satu tempat makan atau seperti area Nongs yang baru saja dibuka, terdapat sekitar 6 pilihan restoran.

Ada yang dibuka hanya sore hingga malam, ada juga yang hanya pagi hingga siang hari. Yang terbaru di jalan Raya Curug Sangereng ini terdapat tempat makan Nongs.

Ada sekitar 6 pilihan stand makanan di sini. Tempat ini juga menyediakan ruang kantor untuk disewa.

Pilihan terakhir yang terdekat adalah kembali ke ruko Pasar Modern. Pasar yang tutup di malam hari, di area luarnya mulai pukul 5.00 sore hari akan ada sejumlah tenda penjual makanan tentunya juga dengan ruko di sekitarnya.

Beberapa dari penjual di tenda ini juga melayani pemesanan melalui ojek online. Ruko Pasar Modern Paramount ini cukup luas areanya. Selain tenda di jalan depan, di sisi belakang juga terdapat blok makanan yang beroperasi dari pagi seperti gambar di bawah ini.

Hotel dan alternatifnya

Bagi mahasiswa yang merantau biasanya akan ada waktunya untuk menerima kunjungan dari keluarga untuk tinggal beberapa hari. Bisa untuk berlibur atau menghadiri acara wisuda di kampus.

Bagi yang membutuhkan untuk sewa hunian harian, di Apartemen Beverly juga tersedia layanan RedDoorz. Sebuah jaringan budget hotel yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp 300.000,00 per malam untuk double bed dua orang. Sudah tersedia layanan internet wifi, tv cable, dan air minum.

Layanan ini dari terpisah dari manajemen apartemen. Disediakan oleh salah satu pemilik yang bekerjasama dengan pihak RedDoorz.

Kamar yang disewakan sebagai hotel ada di lantai 8 Menara B, tentunya seperti standar unit apartemen studio Beverly. Resepsionisnya pun ada tersendiri di lantai dasar lobi pertama.

Dengan adanya layanan ini, mahasiswa tidak perlu repot untuk menyewa hotel yang jauh dan persiapan wisuda pun bisa lebih mudah. Kalaupun layanan ini penuh, di ruko L’Agricola sendiri juga terdapat jaringan hotel Tirta Mansion yang bisa diakses cukup dekat hanya dengan berjalan kaki. Harganya relatif sama dengan RedDoorz tapi dengan pilihan dua single bed atau double bed.

Tentunya layanan ini juga bisa dimanfaatkan bagi mereka yang bukan mahasiswa. Mungkin ada keluarga jauh atau teman yang mau datang berkunjung untuk berlibur.

Jika pengunjung juga memiliki hewan peliharaan, mungkin bisa menggunakan fasilitas pet hotel di sekitar kawasan Gading Serpong untuk dititipkan selama berlibur. Yang terdekat ada layanan petshop, Petto dan Woof Avenue yang juga menyediakan layanan pelatihan anjing.

Di luar area ini, masih banyak pilihan hotel lain seperti Ibis, Fame, Starlet, Atria, Ara, Lemo. Biasanya aksesnya jadi cukup jauh dari apartemen sehingga lebih mudah bagi mereka yang membawa kendaraan sendiri.

Layanan lain di ruko L’Agricola

Ruko Agricola yang terletak di depan gerbang Trimezia memiliki dua sisi. Sisi timur dengan parkir berbayar dan sisi barat yang tidak dibatasi parkir.

Yang di dalam parkir berbayar umumnya hanya beroperasi hingga pukul 10.00 malam. Selain layanan yang telah disebutkan di atas, di area ruko ini juga terdapat berbagai layanan lain sebagai berikut.

Warnet merangkap jasa printing, scan, dan alat tulis lainnya bagi mereka yang mengerjakan tugas kampus atau sekolah. Letaknya di sebelah kanan minimarket AlfaMidi, sisi barat Agricola.

Ada juga layanan pijat refleksi keluarga di sisi timur ruko, Nine Family Reflexology. Tidak jarang lantai atas ruko ini tidak untuk tinggal tapi layanan kecil lain seperti sulam alis dan eyelash extension.

Bagi pria ada tempat cukur rambut T’Bagusse di bagian barat ruko. Ada juga apotek dan klinik Surya Medika, melayani praktek dokter umum, vaksinasi, pesan antar obat dengan menghubungi 021 55 685 004 / 005.

Layanan lain yang belum disebutkan antara lain, gereja (GKY dan Miracle of Christ Church, toko bahan bangunan, notaris, kantor interior design, agen properti, layanan provider internet (CBN), pet shop (Petto), bimbel (Komei), serta layanan kurir (TIKI dan JNE) dan logistik.

Bagi yang beragama Katolik, bisa mengikuti misa mingguan di sekolah Tarakanita Gading Serpong. Misa diadakan setiap hari Sabtu pukul 05.00 sore dan Minggu pagi pukul 08.00.

Mengenai Unit apartemen

Unit apartemen yang tersedia hanya satu ukuran, tipe studio. Seperti disebutkan bahwa ada kemungkinan bagi pemilik yang memiliki 2 unit berdampingan untuk disatukan  dan menjadi tipe apartemen 2 kamar tidur.

Berikut adalah pembahasan tipe studio yang menjadi tipe standard di Beverly.

Ruang Utama

Seperti tipe unit apartemen berbentuk studio pada umumnya, bentuk unit mirip dengan hotel. Setelah melalui pintu masuk, akan langsung akses ke ruang utama yang digunakan untuk tidur atau aktivitas utama lainnya. Tidak ada pemisah untuk kamar tidurnya.

Ruang utama ini berukuran sekitar 4 x 4 meter. Biasanya di apartemen lain akan menyediakan balkon sehingga mengurangi ruang besar ini, namun tidak demikian di Beverly.

Dengan adanya balkon, ruang utama menjadi semakin kecil, sudah dikurangi dengan adanya ruang luar, dan akses pintu. Hal ini tidak ada di Beverly dan penghuni menjadi punya ruang yang lebih besar.

Ruang berukuran 4 x 4 meter ini bahkan untuk 2 tinggal dua orang. dengan 2 single bed atau 1 double bed, 2 lemari pakaian dan 2 meja. Cocok bagi mereka yang mau sharing untuk sewa kamar.

Akan tetapi memang dengan begitu ruangan menjadi agak padat tapi memungkinkan untuk penghematan. Optimalnya memang bisa digunakan untuk pasangan dengan 1 double bed, 1 meja dan kursi serta 2 lemari pakaian.

Secara umum, ranjang paling optimal ditempatkan di sisi dekat kamar mandi. Sedangkan sisi dinding dekat area dapur tersedia jaringan untuk internet dan tv cable, dan akan lebih optimal untuk meletakkan meja, kulkas, dan mungkin beberapa lemari penyimpanan.

Lemari pakaian juga bisa diletakkan di dinding sebelah kamar mandi. Dengan sedikit menyisakan ruang untuk saklar dan stop kontak di depannya, bisa menggunakan lemari sepanjang 150 atau 180 cm.

Kamar Mandi

Kamar mandi berukuran 2 x 2 meter tapi dikurangi ruang untuk shaft utilitas seperti pipa air. Sehingga ruang yang terbentuk berupa huruf L, terdiri dari area shower, closet duduk dan wastafel.

Masih ada ruang di bawah dan samping wastafel, belakang pintu untuk menyimpan peralatan dan perlengkapan kamar mandi. Bisa juga untuk peralatan kebersihan rumah.

Shower yang tersedia hanya dari pancuran atas, tidak menggunakan selang. Masih bisa diatur arah dan intensitas pancurannya. Jika membutuhkan untuk sekedar mencuci kaki atau mencuci kamar mandi, bisa menggunakan selang air yang tersedia di sebelah kloset.

Di satu sisi memang idealnya menggunakan tirai shower agar tidak membasahi area lain. Di sisi lain tirai membuat ruangan kamar mandi semakin terasa sempit.

Jika mau menyimpan sejumlah peralatan dan perlengkapan kamar mandi, disarankan untuk menggunakan rak atau penyimpanan yang tahan air.

Di area shower juga sudah terdapat satu rak gantung untuk meletakkan botol shampoo atau sabun cair. Bisa sampai 3 botol atau jika masih membutuhkan penyimpanan lebih, bisa seperti disarankan sebelumnya menggunakan rak susun yang tahan air, masih cukup ruang di area shower ini.

Water heater posisinya ada di dalam plafon, di tepat di atas wastafel. Penghuni umumnya akan kesulitan mengatur suhu air yang sesuai. Pengaturan suhu air sebaiknya dengan mencampur dengan air dingin melalui kran shower.

Pihak manajemen juga menyarankan untuk memakain water heater dengan tipe tabung ukuran 10 liter. Untuk penghematan sebaiknya dimatikan ketika tidak diperlukan melalui kotak sekring.

Perlu diingat bahwa tipe ini membutuhkan waktu yang cukup untuk menghangatkan air. Diingatkan juga untuk merencanakan waktu menyalakannya kembali, kira-kira 1 jam sebelum bisa digunakan untuk mandi.

Bagian wastafel sendiri tidak tersedia ruang yang cukup untuk menyimpan perlengkapan perawatan seperti sikat gigi, sabun muka, dan lainnya. Tidak juga tersedia stop kontak bagi mereka yang mau menggunakan hair dryer.

Pintu kamar mandinya juga cukup tebal dengan ketebalan sekitar 3,5 cm. Jika mau menambah gantungan untuk baju atau handuk tanpa melubangi pintu, bisa menggunakan produk ENUDDEN dari IKEA. Bisa gunakan hingga dua untuk kedua sisi.

Mungkin ada produk lain yang serupa namun diharapkan untuk dipastikan terlebih dahulu apakah alatnya cocok dengan ketebalan pintu.

Untuk menggantung handuk, alternatif lain adalah dengan jemuran handuk dan diletakkan di luar kamar mandi. Ada cukup ruang di dinding kamar mandinya, yang berhadapan dengan dapur untuk menggunakan jemuran tersebut.

Dapur

Area dapur secara standard sudah tersedia  area meja dapur sepanjang kurang dari 2 meter. Area ini juga sudah termasuk dengan bagian sink sekitar 90 cm dan area kosong sekitar 80 cm.

Bagian sink hanya setengah untuk cuci dan setengahnya bisa untuk menambah rak piring. Dengan kedalaman meja dapur sekitar 60 cm, bisa untuk meletakkan bahan makanan serta kompor untuk jenis 1 atau 2  bagian.

Tersedia satu stop kontak yang bisa dipakai untuk peralatan masak seperti rice cooker, blender, atau kompor listrik ketimbang kompor gas. Bagian bawah dari meja dapur ini terdapat ruang yang bisa untuk penyimpanan serta alat filter, grease trap.

Grease trap ini berfungsi sebagai filter untuk menahan kotoran dan minyak dari hasil mencuci di sink. Perlu dibersihkan dari waktu ke waktu, terutama bagi mereka yang punya hobi memasak.

Jika tidak, grease trap akan menjadi penuh dan bisa menimbulkan bau kurang sedap. Pembersihan bisa dengan membayar biaya tambahan ke manajemen.

Proses pembersihannya pun hanya sekitar setengah jam. Layanan pembersihan terpisah dari cleaning seluruh unit.

Grease trap sudah tersambung dengan jaringan pipa sehingga tidak bisa dipindahkan sembarangan namun tutupnya mudah untuk dibuka. Dengan bahan yang sama seperti pipa pvc, membuatnya rentan untuk pecah jika tidak berhati-hati.

Pemasangan grease trap ini berbeda di unit yang satu dengan unit yang lain sehingga ruang kosong yang tersedia juga bisa beragam.

Dapur juga dilengkapi mekanisme untuk menambah cooker hood atau exhaust fan di bagian atas. Untuk menyalakannya juga melalui kotak sekring.

Jika tidak ada, alternatifnya adalah dengan membuka pintu ke kamar mandi dan menggunakan exhaust fan di dalamnya, terutama jika memasak makanan yang menimbulkan bau menyengat seperti menggoreng ikan. Bagi yang menggantung pakaian di pintu, sebaiknya dipindahkan terlebih dahulu selama memasak.

Untuk air bersih yang tersedia, berdasarkan penuturan teknisi, apartemen ini menggunakan air PAM bukan hasil olahan air tanah sendiri sehingga cenderung bersih. Akan tetapi, pembersihan tangki atau torrent air tidak cukup rutin sehingga terkadang masih bisa keruh.

Disarankan untuk tetap memasang filter air bersih tambahan di keran setidaknya di dapur sehingga bisa cukup untuk menyaring kotoran yang tersisa. Gambar di bawah adalah contoh filter bekas dan baru. Dari produk filternya juga disarankan agar diganti setiap dua atau tiga bulan sekali.

Area Luar Jendela

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa apartemen ini tidak menyediakan area balkon, akan tetapi terdapat area di luar jendela yang masih bisa diakses. Tujuan ruang ini selain estetika dari luar, juga untuk penempatan mesin AC outdoor serta pembersihan jendela.

Terlalu berbahaya untuk keluar dan beraktivitas di area ini. Kemungkinan untuk jatuh bisa terjadi karena tidak adanya railing pengaman.

Secara umum manajemen juga melarang meletakkan barang, seperti menjemur handuk di area ini. Membuang sampah sembarangan di area ini bisa menimbulkan penyumbatan ke saluran pipa dan berakibat kebocoran di unit bagian bawah. DIharapkan untuk penghuni tidak membuang sampah seperti puntung rokok di sini.

Jika meninggalkan apartemen sebaiknya juga tidak membiarkan jendela dalam keadaan terbuka. Di waktu terjadi hujan deras, terutama yang disertai angin, percikan airnya bisa masuk dan membasahi bagian dalam ruangan.

Terdapat lampu area luar ini yang bisa dinyalakan melalui unit, jadi oleh penghuni bukan manajemen. Mengingat akan bahaya di area ini, dan sulitnya mengganti lampu tersebut ketika rusak, mungkin lebih baik jika tidak dinyalakan sama sekali.

Akan tetapi lampu ini bisa jadi alternatif jika lampu di dalam ruang utama terasa terlalu menyilaukan. Saklar lampu ini biasanya ada di dekat jendela, dekat unit AC.

Jendelanya sendiri tidak ada mekanisme penahan agar tetap terbuka maksimal. Oleh karena itu, perlu tambahan pengganjal untuk mendapatkan sirkulasi udara. Sebaliknya memang jadi aman ketika hujan yang disertai angina akan dengan mudah menutup dengan sendirinya.

Intercom, Bel, Listrik dan Sekring

Intercom dan sekring berada di dinding luar kamar mandi menghadap ke arah dapur. Bel dari luar unit tersambung dengan intercom.

Selain sebagai bel, intercom bisa digunakan untuk menerima panggilan dari area lobby. Petugas akan memberitahu tentang kedatangan kiriman barang atau jika ada yang datang bertamu.

Intercom di unit sendiri memiliki beberapa tombol tapi hanya tombol ke dua yang berfungsi. Tombol ini untuk melakukan panggilan ke petugas di lobby.

Intercom ini juga berfungsi sebagai speaker dari operator manajemen. Di saat terjadi gempa atau kebakaran, manajemen bisa memberikan pengumuman tanpa penghuni perlu menjawab intercom tersebut.

Volume pengumuman cukup keras untuk membangunkan penghuni. Seperti pada saat terjadi gempa di awal bulan Agustus 2019, pihak manajemen menyarankan untuk tidak berada di dalam unit untuk mencegah terjadinya korban sambal menunggu pengumuman akan gempa susulan dari BMKG.

Kotak sekring yang tersedia berguna untuk mematinyalakan aliran listrik ke bagian dalam unit apartemen. Ada 6 bagian yang bisa dinyalakan secara terpisah.

Tombol Incoming untuk menerima pasokan listrik dari gardu ke dalam unit. Tanpa tombol ini dinyalakan, aliran ke bagian lain tidak berfungsi.

Tombol Lampu untuk menyalakan seluruh lampu di unit apartemen. Total terdapat 4 titik lampu, di tiap bagian unit termasuk di area luar.

Tombol Stop Kontak untuk mengalirkan listrik ke seluruh titik stop kontak. Terdapat 4 titik stop kontak, satu di area dapur, satu dekat titik TV cable untuk TV, satu dekat jendela dan saklar lampu luar dan yang terakhir dekat saklar lampu ruang utama dekat phone line.

Tombol AC untuk mengalirkan listrik ke AC. Bisa digunakan untuk pengganti remote AC. Matikan aliran listrik dalam keadaan AC menyala dan akan berfungsi kembali ketika listrik dialirkan kembali.

Tombol Exhaust Fan untuk ventilasi udara dari area dapur bukan dari kamar mandi hanya jika terpasang cooker hood atau exhaust fan. Exhaust fan kamar mandi berfungsi non stop. Sebaiknya dibiarkan tetap mati atau bisa berakibat korslet.

Tombol Water Heater, seperti yang dijelaskan di atas untuk menyalakan mesin pemanas. Sebaiknya dimatikan jika tidak digunakan dalam waktu lama atau akan berisiko pemborosan listrik karena mesin akan terus menghangatkan air secara otomatis.

Kapasitas listrik unit yang tersedia sebesar 2.200 Watt. Pemakaian lebih dari kapasitas tersebut di waktu yang bersamaan dapat menyebabkan listrik turun atau korslet.

Unit AC yang terpasang memiliki kapasitas 1.5 PK yang akan memakan listrik sekitar 1.000 Watt sendiri atau hampir setengah dari kapasitas maksimal. Tentunya masih akan ada alat elektronik lain yang akan dipakai seperti TV, charging untuk HP, lampu, kulkas, pemanas air, mungkin dispenser, laptop yang bukan tidak mungkin akan melebihi kapasitas tersebut.

Terutama bagi mereka yang menggunakan unit tidak sendirian, sebaiknya agar melakukan penyesuaian seperti menggunakan alat listrik secara bergantian dan penghematan. Bisa coba menggunakan kipas, mengingat iklimnya tidak sepanas di Jakarta atau menggunakan AC cukup di suhu 25 saja. Kurang dari suhu tersebut akan terlalu dingin, apalagi jika tinggal sendirian.

Kipas ini jenisnya table fan, ukuran diameternya 45 cm, cukup untuk mendinginkan ruang. Listriknya sendiri hanya 80 watt dibandingkan dengan AC 1.5 PK yang terpasang bisa mencapai 1.000 watt untuk tiap jam pemakaiannya.

Jika dirasa kurang dingin, masih ada ukuran yang lebih besar dengan listrik sekitar 100 watt, masih jauh dari pemakaian listrik AC. Jika memakai kipas jangan lupa untuk sedikit membuka jendela atau pintu kamar mandi agar tetap ada sirkulasi udara.

Manajemen memang akan membantu menyalakan kembali listrik yang turun tapi jika terjadi di malam hari, proses tersebut bisa cukup merepotkan. Intercom tidak akan berfungsi jika listrik unit turun.

Bagi yang menginginkan untuk memasang jalur telepon, posisi kabelnya hanya terdapat di dekat saklar lampu ruang utama. Direncanakan untuk ada di samping tempat tidur, dekat dinding kamar mandi.

Apakah Apartemen ini Cocok bagi Anda?

Dengan segala kondisi yang dipaparkan di atas, maka pertanyaan berikutnya adalah apakah apartemen Beverly ini cocok bagi anda? Atau penghuni seperti apa yang cocok untuk tinggal di apartemen ini?

Bagi mereka yang mencari ketenangan

Seperti dijelaskan di atas, apartemen ini berbeda dengan apartemen pada umumnya yang cenderung dekat dengan keramaian dan fasilitas. Beverly justru dikelilingi cluster perumahan lain dan membuatnya menjadi lebih tenang.

Gambar di bawah merupakan view dari unit di lantai 9 tower A sisi timur dan barat. Perumahan ini juga berkonsep cluster, diakses melalui 1 gerbang sehingga bukan merupakan jalan umum dengan banyak kendaraan melintas.

Kendaraan para pemilik rumah pun tidak dijalankan dengan kecepatan tinggi. Keributan yang terasa saat ini hanya dari renovasi beberapa rumah.

Adapun komplek ruko di dekatnya yang kemudian berbatasan langsung dengan sungai. Di satu sisi penghuni akan sulit untuk akses ke fasilitas lain namun di sisi lain bisa membuat penghuni untuk tetap di rumah.

Bagi mahasiswa kadang justru akan lebih baik untuk fokus belajar dan mengerjakan tugas di rumah. Apartemen seperti Scientia yang lebih dekat dengan kampus UMN, cenderung memang lebih menarik.

Akan tetapi dengan ramainya penghuni, bisa justru mengganggu ketenangan. Dengan terlalu mudahnya akses ke fasilitas lain, mahasiswa bisa cenderung lebih memilih jalan keluar ketimbang belajar di rumah.

Tentu ini tidak terbatas bagi mahasiswa. Bagi pekerja, terutama dari Jakarta, setelah menghadapi keramaian dan kepadatan, belum lagi panas udara, bisa lebih menikmati kondisi apartemen terutama di akhir pekan.

Bagi mereka yang mencari ruang yang besar

Seperti dijelaskan di atas juga bahwa tipe studio di apartemen ini bisa menampung hingga dua orang dengan kamar yang besar. Tidak harus berdua namun bisa untuk tinggal sendiri tapi membutuhkan ruang lebih dari sekedar kamar namun tidak sebesar satu rumah.

Bagi non mahasiswa, mereka yang lajang atau keluarga muda yang belum berencana untuk punya anak bisa mencoba tempat ini. Untuk yang lajang, ruang utama tidak hanya bisa jadi ruang tidur tapi juga ruang kerja yang cukup luas.

Alternatif Asrama Universitas Multimedia Nusantara

Bagi mereka yang tinggal di asrama UMN, biasanya ada aturan bahwa biaya tinggal di asrama akan dihitung hingga akhir tahun ajaran. Biaya tersebut harus dibayar untuk kelulusan sekalipun sudah tidak lagi ditempati.

Di sisi lain, terkadang sebagai mahasiswa tingkat akhir hanya perlu waktu yang lebih singkat untuk sekedar menyelesaikan tugasnya. Daripada harus membayar penuh biaya tinggal yang hanya untuk sementara, mungkin bisa dipertimbangkan untuk menempati apartemen ini sebagai alternatif.

Belum lagi permasalahan jika ditempatkan bersama dengan teman sekamar yang tidak cocok. Dengan apartemen ini, mahasiswa jadi lebih punya pilihan entah untuk tinggal sendiri maupun sharing dan bebas menentukan teman sekamar.

Sebaliknya memang jadi kehilangan akses khusus mahasiswa seperti layanan bus kampus. Jika layanan tersebut tidak banyak dipakai, mungkin apartemen ini bisa jadi pilihan.

Sewa dari Kami

Jika anda tertarik untuk menempati unit di apartemen Beverly ini, anda bisa menyewa unit kami. Biaya sewa unit apartemen Beverly dari kami mulai dengan harga Rp 3.000.000,00 (Tiga juta rupiah) per bulan dengan minimal sewa per 3 bulan.

Biaya deposit sebesar sewa satu bulan juga dibayar di muka dan akan dikembalikan di akhir masa sewa jika tidak terjadi kerusakan dari unit. Ada potongan harga per bulan jika membayar masa sewa sekaligus seperti 6 atau 12 bulan.

Dengan harga ini sudah disediakan single bed, lemari, meja dan kursi, kulkas, water heater, TV. Masih terbuka kemungkinan untuk penambahan perabotan atau peralatan tertentu seperti tambahan kasur dan lemari untuk dua orang, bisa disampaikan dan jika memang memungkinkan akan disediakan.

Kursi yang tersedia dari IKEA produk ALRIK, beroda. Meja berukuran 120 x 60 cm dengan lemari penyimpanan sebagai kaki meja di satu sisi. Kasur single berukuran 200 x 112 cm dengan sepasang bantal guling beserta sprei dan lemari pakaian berukuran 60 x 90 cm. Kulkas yang tersedia berupa kulkas dua pintu dengan freezer.

TV terpasang di dinding berukuran 32″. Sudah tersedia sambungan untuk TV cable atau gadget via kabel HDMI atau USB. Fasilitas internet via Wifi sudah tersedia, tapi jika menginginkan untuk koneksi sendiri dengan layanan TV cable akan perlu penambahan biaya.

Untuk setiap perubahan dan penambahan fasilitas, sebaiknya disampaikan secepatnya agar kami pun ada waktu untuk menyiapkannya. Calon penghuni akan diminta untuk menandatangani perjanjian sewa apartemen.

Berikut adalah contoh perjanjian sewa unit apartemen. Di dalamnya juga terdapat peraturan-peraturan lain yang harus diikuti penghuni.

Perjanjian Sewa Unit Apartemen Beverly 90210

Catatan khusus Unit A925

Bagian ini khusus membahas unit di lantai 9 Tower A no 25. Mungkin ada unit di sekitarnya yang akan menghadapi kondisi yang mirip.

Unit berada di lantai paling atas untuk Tower A. Oleh karena itu unit ini berdekatan langsung dengan mesin pompa air di atasnya. Dari pengalaman penghuni sebelumnya ada juga yang tidak terbiasa dengan bunyi yang secara konstan terdengar tersebut sepanjang hari.

Silahkan untuk memastikan terlebih dahulu dengan datang dan mencobanya. Berbeda dengan unit lain di lantai bawah, gangguan bunyi cenderung dari penghuni di atasnya. Jika bergerak atau menimbulkan kegaduhan bisa mengganggu ke bawah.

Unit 9A25 ini menghadap ke sisi timur bangunan. Oleh karena itu di pagi hari, akan lebih banyak menerima sinar matahari. Walaupun udara cenderung lebih sejuk dibandingkan Jakarta, hal ini akan memberi beban lebih pada konsumsi listrik AC di pagi hari.

Pilihan lain dari apartemen ini hanya unit menghadap sisi sebaliknya ke arah barat. Unit yang menghadap barat ini akan lebih terbeban pada sore hari. Mungkin bisa disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari dalam memilih.

Dengan berada di tower A, maka akan lebih dekat dengan jalanan utama di depan, terutama bagi pejalan kaki. Bagi yang menggunakan layanan ojek online untuk mengingatkan agar menunggu di tangga pertama dekat gerbang ke area L’Agricola.

Jika menggunakan jasa pengiriman barang ke apartemen agar menuliskan kode apartemen secara lengkap A925 (Tower A Lantai 9 No. 25). Kesalahan penulisan bisa berakibat kiriman tercampur ke lobi sebelah dan hanya bisa dipastikan secara manual dengan turun ke bawah.

Jika parkir di lantai bawah, semi basement, sebisa mungkin parkir lebih dekat dengan pintu keluar secure parking. Sementara jika parkir di basement, lobi lift yang lebih dekat adalah yang lebih dekat dengan parkir motor.

Unit 25 ini juga bersebelahan langsung dengan tangga dan lift dan garbage room. Di satu sisi akses lebih mudah, terutama jika lift sedang bermasalah, di sisi lain mungkin terkadang bisa terganggu dengan suara yang menggema di lorong maupun depan lift dan area tangga.

Dengan berada di lantai 9, air dari keran terutama untuk mandi suhunya bergantung pada kondisi cuaca. Jika cuaca panas dan terik seharian, biasanya masih bisa menikmati air hangat di sore hari tanpa pemanas.

Sebaliknya jika cuaca hujan dan dingin sepanjang hari, biasanya malam jadi terlalu dingin tanpa water heater. Begitu juga tekanan air yang cenderung bisa berubah drastis tergantung penggunaan di seluruh menara.

Disarankan untuk tidak membuka keran dapur terlalu besar karena bisa tiba-tiba  tekanan membesar. Di bagian bawah meja dapur juga terdapat ruang kosong dengan ukuran sekitar 80 cm (Panjang)x 60 cm (kedalaman) x 60 cm (tinggi). Ruang ini bisa untuk meletakkan galon air dan laci plastik.

Biaya – biaya tambahan

Biaya di atas hanya merupakan biaya sewa. Ada pula biaya tambahan yang perlu disiapkan jika tinggal di apartemen ini.

Biaya ini bisa bersifat wajib atau bisa bersifat opsional. Hal ini bergantung dari kebutuhan penghuninya sendiri.

Biaya listrik dan air

Setiap akhir bulan, manajemen akan memberikan tagihan listrik dan air ke unit apartemen. Dari tagihan tersebut akan terlihat konsumsi listrik dan air selama sebulan pemakaian. Tagihan ini mencakup biaya listrik, air, maintenance dan administrasi serta biaya materai.

Gambar berikut adalah contoh cetak tagihan per bulan yang akan disampaikan ke unit apartemen tiap akhir bulan oleh manajemen.

Biaya ini bisa berubah ke depannya karena akan menyesuaikan tarif dengan pemerintah dan kebijakan dari manajemen. Angka -angka berikut adalah tarif untuk saat ini sebagai gambaran. Tidak akan terjadi perubahan secara drastis per bulan.

Biaya listrik, terdiri dari:

Biaya Konsumsi listrik: Rp 1.580,00 per kwh
PPJ 3% dari total konsumsi
Biaya Power 2.200 Watt: 2.2 x Rp 50.000,00 = Rp 110.000,00

Biaya  Konsumsi Air Bersih: Rp 10.000,00 per m3

Maintenance fee Rp 35.000,00 per bulan
Biaya Admin: Rp 10.000,00 per bulan
Biaya materai Rp 3.000,00

Biaya ini semua harus dibayar dengan transfer melalui bank BCA a.n. PT. Parador Property Management dengan norek 883-0874-161. Bukti pembayaran bisa disampaikan ke Yacintha +62 815 130 23 717 melalui WhatsApp.

Biaya Opsional

Ada pun beberapa biaya yang sifatnya opsional yang masih perlu dipersiapkan jika tinggal di apartemen Beverly.

Pembersihan Grease Trap, bisa melalui layanan manajemen, terutama bagi yang hobi memasak mungkin perlu dilakukan sebulan sekali. JIka tidak pembersihan ini bisa dikurangi.

Biaya parkir, bagi mereka yang memiliki kendaraan bermotor. Akan lebih baik jika mendaftarkan kendaraannya dan membayar biaya per bulan atau akan dikenakan tarif per jam. Tidak berlaku bagi mereka yang menggunakan sepeda.

Kebersihan unit, jika tidak sempat dilakukan sendiri juga bisa menggunakan jasa manajemen. Alternatif lain bisa melalui cleaning service dari luar jika kesulitan menyesuaikan waktu dengan manajemen.

Biaya laundry. Masih dimungkinkan untuk mencuci pakaian sendiri di apartemen secara manual tanpa menggunakan mesin. Akan tetapi jadi perlu waktu dan tempat untuk mengeringkannya juga.

Kesimpulan

Apartemen Beverly yang menawarkan tipe studio tanpa adanya balkon, menyediakan unit apartemen yang cukup luas untuk dihuni sendiri. Akan lebih cocok bagi mereka yang mau sharing atau pasangan muda yang belum memiliki anak.

Lokasinya yang tidak berada langsung di jalan utama kota tapi justru di antara perumahan membuatnya nyaman untuk tinggal karena tenang, jauh dari keributan kendaraan. Hal ini bisa menjadi ciri khas utama namun, sebaliknya memang jadi kurang dikenal dan berimbas pada ketersediaan fasilitasnya.

Dengan berada di kawasan Gading Serpong, Beverly bisa menjadi hunian pilihan bagi para pegawai kantor baik di dalam kawasan maupun sekitar atau bagi para mahasiswa untuk kampus dan sekolah di dalam kawasan.

Memang masih banyak kekurangan dari kawasan Gading Serpong, baik dari Paramount sebagai developer maupun dari manajemen apartemennya. Akan tetapi perkembangannya juga belum selesai.

Ke depannya, fasilitas dan pelayanannya juga bisa lebih baik sehingga apartemen ini juga bisa nyaman dipakai dan bernilai positif untuk investasi. Secara perlahan, kawasan juga akan berkembang dan menyediakan fasilitas yang belum tersedia oleh manajemen sebagai alternatif.

Secara umum, kawasan Gading Serpong ini cukup nyaman untuk tinggal. Ruang publik yang masih luas, udara yang lebih segar, tidak banyak gedung tinggi bahkan masih banyak lahan kosong yang belum dibangun jauh dari kepadatan dan panas yang menjadi pemandangan sehari-hari di Jakarta.

Sayangnya memang sebagai kota pendukung Jakarta, akses transportasi publiknya masih cenderung terbatas.  Setidaknya bagi mereka yang beraktivitas di sekitar jalan Sudirman Jakarta, Gading Serpong masih bisa menjadi pilihan.

Area ini juga masih bisa jadi pilihan bagi mereka yang beraktivitas di Jakarta Selatan. Namun memang perlu kendaraan pribadi.

Jika Anda memang tertarik untuk menyewa unit apartemen ini sebagai tempat tinggal sementara sebagaimana digambarkan di atas, bisa hubungi langsung Ibu Yacintha +62 815 130 23 717.

Kata Penutup

Informasi di sini banyak yang terkait dengan pihak ketiga yang sewaktu-waktu bisa berubah tanpa sepengetahuan penulis. Jika anda memiliki informasi terbaru yang bisa anda bagi mengenai berbagai pihak terkait artikel ini boleh tinggalkan pesan di kolom komentar.

Mungkin anda pemilik salah satu usaha di sekitar apartemen atau kawasan Gading Serpong yang mau mempromosikan usahanya yang mendukung calon penghuni apartemen, bisa hubungi penulis juga dengan meninggalkan pesan di bawah.

Bagi calon penghuni, jika membutuhkan informasi lebih sebelum tinggal di apartemen atau Gading Serpong, mungkin kami bisa bantu carikan dan tambahkan di halaman ini. Moga-moga bisa membantu dalam pengambilan keputusan.

Bagi pemilik lain dari unit apartemen Beverly atau properti lain di kawasan Gading Serpong yang juga mau mempromosikan asetnya di website ini, bisa hubungi contact person, Yacintha +62 815 130 23 717. Akan dibantu untuk mengelolanya juga.

Link ini merupakan contoh apartemen lain yang kami kelola. Selain ulasan lengkap di website ini, kami juga memasangnya iklan di sejumlah website lain seperti 99.co (UrbanIndo) sehingga bisa memperluas pemasarannya.

Semoga tulisan ini membantu. Terima kasih.

 

Mark M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *