1 Park Residences Complete Review – Home for Japanese Expat in Jakarta

Apartemen 1 (One) Park Residences sejak dibuka tahun 2012 langsung meraih penghargaan The Best Condominium in Indonesia, South East Asia Property Award 2012. Diperuntukkan bagi masyarakat kalangan menengah ke atas, terutama kalangan ekspatriat, dari Jepang, secara lebih spesifik.

Bagaimana desain unit apartemennya? Fasilitas apa saja yang ditawarkan? Apa saja yang bisa didapatkan penghuni dengan tinggal di apartemen ini? Bagaimana dengan biayanya? Jika anda sedang mencari apartemen untuk sewa atau pun beli di Jakarta, mungkin pertanyaan ini yang akan muncul.

Melalui tulisan ini kita akan coba bahas semua aspek dan informasi terkait 1 Park Residences. Semoga bisa membantu untuk mengambil keputusan untuk menyewa atau membeli unit.

Sebagian informasi di sini merupakan informasi tentang pihak ketiga yang sewaktu-waktu bisa berubah. Informasi akan terus diperbarui tapi sebaiknya dilihat sebagai gambaran umum.

Silahkan pilih bagian dari daftar isi untuk langsung menuju bagian tersebut. Gunakan tanda panah merah di sudut kanan bawah layar anda untuk kembali ke atas

Table of Contents

1 Park Residences Overview

Apartment Name: 1 Park Residences
Address: Jl. KH. M. Syafii Hadzami No.1 RT. 1/ RW. 10, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
Developer: PT Gandaria Permai (part of PT Intiland Development Tbk)
Designer: DCM Indonesia (Denton Corker Marshall)
Contractor: PT Total Bangun Persada, Tbk

Unit Type: 2 (+1) Bedroom (91 sqm) Tower A Unit 2B View: North (City)
Unit Facilities:
Master Bedroom and Bathroom, Bedroom, Bathroom, Living Room, Dining Room & Pantry, Maid Room, Maid Bathroom, Maid/ Wet Kitchen, Fiber Optic Internet, Laundry Machine and Drying Area, Storage, Water heater for shower on bathrooms, 5.500 Watt Maximum Electrical Power, Private lift lobby, Service/ Secondary Access Door, Access Card, Security Intercom

Apartment Shared Facilities:
Shopping: Papaya Fresh Market (Food and Beverages), Komugi (Bakery), Daiso (Stationery, Tools, Kitchenware)
Cafe and Restaurant: Starbucks, Sumibi Japanese Restaurant
Sports: Swimming Pool, Fitness/ Gym, Tennis Court, Jogging Track, Table Tennis
Children Facilities: Playground (Indoor & Outdoor), Children Pool
Lifestyle: Blow and Glow (Mani-Pedi), Salon De Res, Lush by Tokyo Belle
Business: Sribulancer
ATM Center: BCA, Mandiri, CIMB Niaga (Mezzanine level)
Concierge, Security and Technician 24 Hour
Car Park: 1 slot free for every unit
Motorcycle Park, on B1
Bicycle Park, on B1
BBQ Area
Function Room
Management ServiceTechnical Engineering, Housekeeping, Groceries, Renovation, Maintenance, Billings and Announcement (via Apps)
Laundry, Filoli on B1
Garbage room
Service Lift
Fire Safety
Taxi Call (Blue Bird) 
Mail Room at B2 
Car Wash Area
Drivers/Employee Facilities: 
Toilet, Musholla, Canteen, Waiting Area

Nearby Public Facilities (±2 km):
Shopping Center: Gandaria City, Pondok Indah Mall, Pondok Indah Plaza, Senayan City, Blok M Mall, Blok M Plaza, Melawai Plaza, Grand Wijaya, Plaza Senayan, Pasar Mayestik, Pasar Santa, Pasar Taman Puring, Ratu Plaza, Pacific Place, FX Sudirman
School: Labschool, Muhammadiyah, Lentera School, Tarakanita, Pangudi Luhur, Binus
University and Academy: Univ. Muhammadiyah Dr. Hamka, Al Azhar, Binus, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan, Univ. Satya Negara Indonesia, Pertamina, Univ. Dr. Moestopo, STIE Bisnis Indonesia, Java Flight School
Hospital: RS. Gandaria, RS. Pondok Indah, RS. Pertamina, RS. Ibu dan Anak Muhammadiyah
Government: Kantor Kelurahan Kramat Pela, Perpustakaan Umum Jakarta Selatan, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebayoran Baru, Markas Besar Polri, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Agraria, Kementerian Pekerjaan Umum, Kantor Kejaksaan Agung
Embassy: Cuba (Permata Hijau), Cyprus (Sudirman), Jordan (Sudirman), New Zealand (Sudirman), Somalia (Permata Hijau), Uzbekistan (Kebayoran Baru), Papua New Guinea (Sudirman), Lao (Kebayoran Baru), Suriname (Antasari), Mali (Kebayoran Baru), ASEAN (Kebayoran Baru)
Public Open Space: Taman Gandaria Tengah, RPTRA Gandaria, Taman Langsat, Taman Ayodya, Taman Puring, Taman Kerinci, Taman Martha Tiahahu, Taman Mataram, Pemakaman Tanah Kusir, Taman Bendi,  Hutan Kota Srengseng
Sports Venue: GOR Bulungan, Tenis dan Kolam Renang Bulungan, Lapangan Tenis Brata Bakti, Senayan Golf Course, Golf Pondok Indah, Gelora Bung Karno, GOR Seskoal
Transportation: Blok M Bus Station, Kebayoran Station, TransJakarta Bus Stop, MRT Station
Bar: Camden, Halfway, Beer Garden, Piston Brake Bikers, Little Tokyo (Melawai), Lucy in the Sky
Tourist Attraction (South Jakarta): Setu Babakan, Ragunan, Museum Satria Mandala, Kidzania, Hauwke’s Auto Gallery, The Wave Pondok Indah, The Escape Hunt, Flight Experience Gandaria, Museum Layang-layang, KidCity, Pinisi Edutainment, Museum Basoeki Abdullah, Schmutzer Primate Center, Museum Tengah Kebun, Museum Reksa Artha, Jimbaran Outdoor Tanah Abang, Museum Harry Darsono, Speedy Karting, Houbii Adventure Park, Edwin’s Gallery
Nearby Activity Center: Pondok Indah, Melawai (Blok M), Pakubuwono, Gandaria, Radio Dalam, Barito (Blok B), Senopati, Fatmawati, Dharmawangsa, Wijaya, Sudirman Central Business District

Rent Rate: Rp 15.000.000,- (US$1.000) per month, belum termasuk biaya listrik dan air. Deposit sebesar 1 bulan sewa dibayar di muka. Minimal sewa per 3 bulan.

Selling Rate Rp 2.600.000.000,- fully furnished, or Rp 2.500.000.000,- unfurnished
Sertifikat hak milik Strata Title. Maintenance Fee Rp 2.500.000 per bulan

Status: SOLD (February 2020)

Contact Person: Yacintha, +62 815 130 23 717 (WA / Call / SMS)

1 PARK RESIDENCES COMPLETE REVIEW

Mengenai Karakter Lokasi dan Sekitarnya

Apartemen 1 Park Residences berlokasi di provinsi ibukota DKI Jakarta. Kawasan metropolitan yang menjadi pusat pemerintahan Indonesia dan pusat kegiatan ekonomi yang paling utama.

Berbagai kantor kedutaan negara sahabat dan berbagai kantor pusat perusahaan besar yang membutuhkan tenaga kerja luar atau kerja sama dengan perusahaan luar berlokasi di provinsi ini.

Di satu sisi, sebagai pusat kegiatan ekonomi, Jakarta menyediakan fasilitas yang paling lengkap. Di sisi lain, hal ini mengundang banyak orang untuk mengadu nasib dan menimbulkan kepadatan dan kemacetan. Belum lagi dengan buruknya pemerintahan, banjir masih bisa melanda Jakarta.

Kota Jakarta dan sekitarnya

Provinsi Ibukota DKI Jakarta terdiri dari 6 wilayah kotamadya. Dengan kesatuan sistem transportasi baik akses jalan maupun angkutan umumnya, bisa dikatakan bahwa setiap fasilitas yang ada di provinsi ini bisa menunjang seluruh wilayah di dalamnya.

Berbagai fasilitas sekitar yang disebutkan di atas memang hanya terbatas untuk radius sekitar 2 km saja. Bukan berarti fasilitas di luar area tersebut menjadi tidak terjangkau. Dengan sedikit saja memperluas jangkauan tersebut, kita akan menemukan banyak fasilitas lain.

Di sisi lain, kepadatan dari kota ini sendiri menyebabkan kemacetan, terutama di jam-jam tertentu. Dengan begini seringkali wilayah yang seharusnya dekat, harus ditempuh dengan waktu yang lebih lama.

Hal ini juga yang membuat kota-kota di sekitarnya menjadi tumbuh. Aksesnya yang terkadang menjadi lebih mudah walaupun lebih jauh membuat kota di sekitarnya juga menjadi alternatif tujuan bagi warga Jakarta.

Posisi apartemen 1 Park Residences ini yang berada di Jakarta Selatan, membuatnya juga cukup mudah untuk akses ke arah Tangerang, Banten. Di dalamnya terdapat kawasan Bintaro, BSD City, Alam Sutera, Gading Serpong hingga ke Karawaci.

Shopping Mall dan Pasar Tradisional

Salah satu karakter dari kota Jakarta adalah banyaknya pusat perbelanjaan baik itu berupa shopping mall yang modern atau yang bersifat pasar tradisional. Pasar tradisional sendiri ada yang memiliki tempat tetap tapi juga ada yang muncul di waktu tertentu seperti di pagi atau malam hari.

Pasar tradisional cenderung lebih murah, agak kotor, dan berantakan. Sedangkan shopping mall menawarkan barang branded hingga mewah dengan fasilitas lengkap seperti AC, parkir, dan kegiatan lainnya.

Sejumlah pusat perbelanjaan atau mall bisa ditemukan dengan mudah di seluruh Jakarta. Saat ini mall tidak lagi hanya menyediakan pusat kegiatan, tapi juga menawarkan konsep “City”, lengkap dengan apartemen, hotel, kantor, dan fungsi lainnya.

Contoh terdekat dari apartemen ini adalah Gandaria City dan Senayan City. Kawasan Pondok Indah pun tidak lagi hanya pusat perbelanjaan tapi juga telah menghadirkan hotel dan apartemen. Belum lagi komplek ruko serta rumah yang dialihfungsikan menjadi tempat usaha, memberikan penduduk Jakarta banyak pilihan.

Wisata Lokal dan Wisata Modern

Seperti halnya pusat perbelanjaan, objek wisata di Jakarta juga memiliki pilihan dari kedua ciri khas tersebut, lokal/tradisional dan wisata modern. Wisata lokal / tradisional umumnya menawarkan hiburan dengan ciri khas setempat atau kearifan lokal sedangkan wisata modern umumnya hanya menawarkan aktivitas yang bisa ditemukan di berbagai tempat lain.

Wisata lokal kebanyakan berupa museum atau wisata alam. Sedangkan wisata modern bisa ditemukan di shopping mall seperti bioskop, game center.

Kadang setiap shopping mall memiliki satu fasilitas yang menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri untuk mall tersebut. Contohnya fasilitas ice skating di Mal Taman Anggrek atau simulator pesawat di Gandaria City. Ada juga yang menawarkan fasilitas secara musiman seperti ice skating ring di bulan Desember di Pondok Indah Mall.

Akses dan Transportasi

Berikut adalah akses dan sistem transportasi yang tersedia di area sekitar apartemen.

  • Bus ke bandara Soekarno Hatta melalui Pondok Indah Mall dan FX Sudirman
  • Bus ke kawasan BSD dan Gading Serpong melalui FX Sudirman
  • Jalan Sultan Iskandar Muda, menghubungkan Jakarta Selatan dengan Jakarta Barat
  • TransJakarta koridor 8, bisa menghubungkan Pondok Indah, Lebak Bulus dan Harmoni
  • Dekat dengan Kebayoran Baru, yang dilalui MRT, penghubung Jakarta Selatan dan Jakarta Utara
  • Stasiun Kebayoran yang menyediakan layanan KRL ke seluruh Jakarta, juga kereta ke arah Banten.
  • Transjakarta koridor 1, terhubung juga dengan Harmoni Central Busway yang menghubungkan hampir seluruh koridor TransJakarta, terhubung juga dengan Terminal terpadu Blok M.
  • Terminal Blok M, tersedia bus dengan berbagai ukuran dan jurusan untuk antar wilayah di Jakarta dan sekitarnya, menghubungkan terminal lain. Di antaranya, Depok, Bogor, Bekasi, BSD, Karawaci, Alam Sutera dan untuk daerah Jakarta mencakup Kota Tua, Ciputat, Tanjung Priok, Cikokol, Cikarang, Kampung Rambutan, Pulo Gadung
  • Travel Cititrans ke Bandung melalui Pondok Indah Mall
  • Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, memungkinkan untuk menggunakan kendaraan pribadi maupun layanan taksi langsung ke bandara Soekarno Hatta hingga ke pelabuhan Merak

Mengenai Tim Pengembang Apartemen 1 Park Residences

1 Park Residences dibangun oleh developer PT Gandaria Permai, bagian dari PT Intiland Development Tbk. Intiland sudah beroperasi sejak 1973 dengan komplek perumahan Taman Cilandak. Baru secara resmi menggunakan nama PT Wisma Dharmala Sakti tahun 1983 yang sekarang menggunakan nama Intiland.

Intiland sudah membangun sejumlah gedung apartemen, perkantoran, area retail, industri, olahraga dan komplek perumahan. Bisa dikatakan sudah cukup berpengalaman dan telah meraih sejumlah penghargaan baik dalam bidang properti yang dihasilkan maupun sebagai pengembang.

Beberapa proyek hasil karya Intiland mencakup Regatta, jaringan Whiz Hotel di berbagai kota, Gedung Kantor Wisma Dharmala (Menara Intiland) Jakarta dan Surabaya, komplek industri Ngoro, dan Rumah sakit Nasional Surabaya. Apartemen 1 Park Avenue yang di sebelah 1 Park Residences juga merupakan proyek Intiland.

Desain arsitektur oleh DCM Indonesia, cabang dari Denton Corker Marshall, Australia yang merupakan konsultan arsitektur internasional dengan berbagai macam proyek di seluruh dunia. Dengan membuka cabang di Indonesia, menunjukkan bahwa DCM juga memiliki banyak proyek di Indonesia dan sekitarnya, serta sudah terbiasa dengan konteks alam, lingkungan, juga peraturan yang bisa mempengaruhi desain bangunan.

Konstruksi bangunan dikerjakan oleh PT Total Bangun Persada, Tbk. Total Bangun Persada sudah beroperasi sebagai kontraktor sejak tahun 1970, membangun sejumlah kompleks dan menara bangunan dengan berbagai ukuran dan meraih banyak penghargaan untuk konstruksinya.

Mengenai Desain Apartemen 1 Park Residences

Umumnya, apartemen dibangun dalam bentuk satu bangunan memanjang. Tiap lantai terdapat koridor yang menghubungkan sejumlah unit di lantai tersebut. Desain ini umumnya untuk apartemen menengah ke bawah atau yang biasa kita sebut rusun.

Untuk desain apartemen menengah ke atas, bentuknya berupa titik (point) menara, tidak memanjang. Tiap lantai hanya terdiri dari sedikit unit apartemen bahkan hanya satu. Tujuannya untuk menjaga privasi, penghuni tidak perlu terganggu dengan tetangga sebelahnya. Apartemen dengan desain ini biasanya memiliki beberapa menara.

Bagaimana dengan 1 Park Residences?

Tiga lift Privat yang terpisah tiap menara

1 Park Residences memang ditargetkan untuk kalangan menengah ke atas. Apartemen terdiri dari tiga menara dan setiap lantainya tidak lebih dari 6 unit apartemen, sesuai dengan karakteristik yang disebutkan sebelumnya.

Memang apartemen ini bukan yang paling atas kelasnya, akan tetapi privasinya tetap dijaga. Salah satunya dengan menyediakan 3 private lift terpisah di tiap menaranya. Yang tiap lift hanya melayani dua unit per lantainya. Lift juga menggunakan sistem dua sisi, sehingga tiap unit apartemen memiliki lobi liftnya masing-masing yang bisa dimanfaatkan secara pribadi.

Dengan desain ini, walaupun tiap lantai terdiri dari 6 unit, tapi privasinya bisa terasa seperti 2 unit. Hal ini yang membuat 1 Park Residences menjadi apartemen kelas atas tapi tetap terjangkau untuk kalangan menengah. Jumlah unit bisa banyak, harga bisa lebih rendah tapi tetap dengan suasana mewah.

Terbukti sejak dibuka tahun 2012, apartemen ini langsung meraih penghargaan The Best Condominium in Indonesia, South East Asia Property Award 2012. Tentunya bukan hanya karena sistem private lift lobby saja.

Selain lift privat tersebut, tiap menara juga dilayani oleh satu lift service yang menghubungkan seluruh unit apartemen di tiap lantai. Lift service ini bisa digunakan untuk maid, layanan service dan alternatif akses bagi penghuni.

Apartemen dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektar dengan total unit 379. Terbagi dalam tiga buah menara, terhubung dengan fasilitas bersama di lantai dasar dengan total luas bangunan 64.000 sqm. Menara A setinggi 23 lantai, menghadap utara sedangkan B dan C hanya 16 dan 18 lantai, dengan 2 lantai basement untuk parkir.

Menara B menghadap ke sisi timur dan menara C menghadap ke sisi selatan. Di bagian barat terdapat gedung resepsionis. Keempatnya dihubungkan dengan jalan setapak dan di tengahnya terdapat fasilitas di ruang terbuka.

Menemukan Lobi Lift yang tepat

Berikut adalah gambar lift lobi. Dengan konsep private lift lobby, tiap menara memiliki tiga lift lobi untuk penghuni dan satu lobi untuk lift barang. Bagi yang baru pertama kali tinggal, hal ini bisa membuat kebingungan untuk mencari lobi yang tepat dari 9 lobi yang ada (12 lobi jika termasuk lobi lift servis)

Jika mengakses dari lantai parkir kendaraan di basement, orientasi ruang bisa menjadi suatu masalah. Komplek 1 Park Residences memiliki tiga menara A, B, dan C.

Tiap menara memiliki 3 lobi lift, ditandai dengan angka lobi A1, A2 dan A3, sebagai contoh untuk tower A. Memang akan lebih mudah untuk naik melalui lift service, setidaknya bisa mengakses seluruh unit di menara dan lantai yang sama.

Basement dilengkapi dengan signage yang cukup, begitu juga pihak keamanan yang cukup ramah akan bisa membantu penghuni untuk menemukan lift yang tepat.

Selain itu, sebagai patokan, bisa coba cari lobi tangga menuju area resepsionis. Dari lobi tangga tersebut, menara B terdapat di seberang tangga, menara A di sebelah kiri dan menara C di sebelah kanan.

Alternatifnya, penghuni bisa menggunakan lift service manapun untuk setidaknya naik ke lantai GF. Akan lebih mudah untuk menemukan menara yang tepat dari lantai ini.

Penghuni 1 Park Residences

Apartemen ini memang diperuntukkan untuk kalangan ekspatriat di Jakarta, terutama warga negara Jepang. Dari tenant yang mengisi bagian komersialnya juga kebanyakan dipilih yang memberikan cita rasa Jepang seperti Daiso, Papaya, dan Sumibi bahkan salon pun yang dengan hair stylist dan teknologi Jepang..

Mungkin jadi tidak sesuai bagi yang lidahnya tidak cocok dengan masakan Jepang atau gaya hidup orang Jepang. Beberapa petunjuknya juga tersedia dalam bahasa Inggris maupun Jepang.

Selain warga Jepang yang menjadi mayoritas sekitar 40% dari penghuni. Masyarakat Indonesia keturunan Tionghoa menjadi mayoritas kedua, kira-kira juga sebesar 40% dari penghuni.

Selain itu ada sedikit warga Korea dan warga negara asing lainnya. Hal ini bisa dipahami mengingat lokasinya di Jakarta, ibukota Indonesia, pusat pemerintahan dan pusat ekonomi, menjadi tujuan kalangan ekspat yang utama.

Bisa dilihat dari penggunaan fasilitas bersama, terutama kolam renang, dipakai oleh para ibu muda untuk membawa jalan anak bayinya di pagi hari. Dengan banyaknya warga Jepang bahkan terbentuk komunitas. Oleh karena itu memang apartemen ini cukup memiliki prospek untuk dimiliki dan kemudian disewakan.

Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun 1 Park Residences (PPPSRS-1PR)

Untuk yang berencana tinggal dalam waktu yang lama, ada baiknya jika mengetahui bahwa terdapat perhimpunan penghuni yang akan menentukan arah pengelolaan apartemen. Misalnya seperti peraturan dan iuran yang berlaku bagi pemilik maupun penghuni.

Berikut adalah dokumen digital anggaran dasar dan anggaran rumah tangga perhimpunan. Setiap pemilik dan penghuni bisa menjadi pengurus.

Pengurus sudah ada tapi sejauh ini memang wadah penghuni belum berfungsi secara maksimal. Mengingat bahwa penghuni maupun pemilik masih sering berganti.

Bagi Kalangan Ekspatriat di Indonesia

Anda bisa kunjungi website www.expat.or.id untuk informasi lengkap bagi kaum ekspatriat di Indonesia. Di website ini sudah terangkum berbagai informasi yang kemungkinan akan dibutuhkan para ekspatriat untuk tinggal di Indonesia.

Misalnya informasi tentang kedutaan, tentang sekolah internasional, pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa negara tertentu, serta daftar komunitas dari berbagai negara.

Ada juga yang terkait dengan hukum seperti tentang pernikahan dengan orang Indonesia, bagaimana membeli dan menyewa properti, bagaimana mencari asisten rumah tangga. Jangan lupa untuk bergabung dengan forumnya untuk bertemu dengan para ekspatriat lainnya.

Bagi Warga Jepang

Khusus bagi ekspatriat dari warga negara Jepang yang menjadi ciri khas apartemen ini, 1 Park Residences juga bekerjasama dengan layanan antar jemput sekolah ke Jakarta Japanese School yang berlokasi di Bintaro.

Banyaknya warga Jepang menuntut manajemen untuk juga belajar bahasa Jepang walaupun hanya untuk kebutuhan sehari-hari. Berbagai petunjuk di apartemen ini hingga ke kantin karyawan juga sudah dilengkapi dengan petunjuk untuk bahasa Jepang seperti di gambar.

Dengan keramahtamahan dari pihak manajemen, diharapkan agar warga Jepang tidak ragu untuk meminta bantuan kepada manajemen, melalui resepsionis untuk belajar tata cara hidup di Jakarta. Salah satunya bagaimana menggunakan layanan aplikasi taksi atau ojek online.

Berdasarkan penjelasan dari manajemen, bahasa masih menjadi salah satu kendala bagi warga Jepang untuk tinggal di Jakarta. Salah satu cara untuk mengatasinya, biasanya mereka menggunakan aplikasi penerjemah bahasa untuk membantu berkomunikasi di sini.

Dari pengamatan tenant relation, warga Jepang yang telah tinggal lebih lama sedikit demi sedikit juga terbuka untuk belajar bahasa Indonesia.

Fasilitas Penunjang yang lengkap

Seperti yang sudah disebutkan juga bahwa apartemen ini diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas. Bagi mereka yang eksekutif muda atau keluarga muda, baru menikah tanpa atau dengan satu anak, apartemen ini bisa dibilang sesuai.

Tipe apartemennya sendiri ada mulai dari tipe 1 hingga 3 kamar tidur. Manajemen apartemen bahkan menyediakan layanan untuk pindah ke unit lain yang lebih besar jika kebutuhannya bertambah. Tentunya, setelah mengatur sewanya sendiri dengan pemilik unit.

Dengan lengkapnya fasilitas yang tersedia dan dekatnya dengan pusat kegiatan lain, apartemen ini memberikan kemudahan bagi mereka yang telah menghabiskan harinya di tempat kerja sebagaimana para eksekutif muda.

Fasilitas apa saja yang tersedia?

Retail, Commercial Area

Lantai dasar dan lantai mezzanine dari komplek apartemen ini menyediakan beberapa area retail untuk mendukung kebutuhan sehari-hari. Kebanyakan bernuansa Jepang karena memang target pasarnya adalah ekspatriat warga Jepang.

Berikut adalah tenant retail yang ada untuk saat ini. Tenant retail hanya pengisi area komersial, ada kemungkinan diganti atau pindah lokasinya.

Seluruh retail ini ada di Tower A, dekat ke jalan di lantai GF. Lantai Mezzanine masih ada ruang yang belum terisi.

Kalau anda memiliki info terkait retail yang baru, bisa dibagikan dengan menggunakan kolom komentar di bawah, akan di update di halaman ini.

Papaya Fresh Market

Buka dari 09.00-21.00 setiap hari. Minimarket ini menyediakan berbagai produk makanan dan bahan masakan Jepang. Misalnya seperti bahan sup miso, nori, potongan daging, buah dan sayur. Juga tersedia produk lokal dengan harga hanya sedikit di atas rata-rata.

Bahan tersebut umumnya sudah dalam bentuk potongan yang pas untuk satu porsi dan siap langsung digunakan untuk masak. Selain itu juga dijual obat, serta minuman beralkohol. Tidak ada minuman soda.

Makanan yang tersedia, siap untuk dimakan langsung. Misalnya sushi dan bento juga roti. Untuk menjaga tetap segar, makanan disediakan tiap hari, dan jika tidak habis, akan ada promo penghabisan setiap harinya untuk produk tertentu sebesar 50%. Tentunya dengan pilihan yang terbatas, mulai dari jam 19.00 hingga 21.00.

Bento, Onigiri, Sushi dan Sozai bisa dipesan terlebih dahulu dengan uang muka 50% kira-kira 3 hari sebelumnya. Pada produk yang disediakan juga diberikan peringatan akan adanya kandungan non halal dan alkohol.

Yang menarik adalah, Papaya menyediakan troli yang kemudian bisa dibawa hingga ke unit apartemen melalui lift service. Tidak perlu mengembalikan troli ke minimarket, cukup tinggal di lobi lift service dan petugas akan mengambilnya kembali.

Ada juga program bagi member untuk mendapatkan promo tertentu. Tidak dikenakan biaya pendaftaran atau keanggotaan. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi langsung Papaya Fresh Market di +6221 2953 8100.

Komugi.

Toko roti yang merupakan bagian dari Papaya Fresh Market. Jam operasional mengikuti Papaya. Berada setelah kasir Papaya.

Ada pilihan produk buns, dengan berbagai isi seperti coffee, banana, beef, cheese, sausage, chocolate, corn. Dijual juga Cake dengan berbagai ukuran dan jenis seperti cheese cake, fruit cake serta kue lapis legit ciri khas lokal.

Selain itu tersedia pilihan cookies, croissant, french bread, white bread dan healthy bread atau roti gandum. Komugi juga menyediakan layanan untuk parcel, dengan beragam pilihan kemasan dan isi.

Jangan lupa untuk mengumpulkan tiga struk pembelian Komugi untuk mendapatkan kartu keanggotaan. Dapatkan 5% diskon di hari kerja dan 10% di akhir pekan untuk produk tertentu.

Untuk info lebih lengkap mengenai ketersediaan produk bisa hubungi langsung +6221 2953 8123 atau akses website mereka di komugi.co.

Daiso Japan

Buka dari pukul 09.00-21.00. Jika Papaya menyediakan bahan makanan, minimarket Daiso menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dan stationery. Dengan begini, kedua retail ini menjadi supermarket utuh untuk melayani 1 Park Residences.

Daiso merupakan toko satu harga yang menyediakan barang atau sepaket barang dengan harga Rp 28.000,- atau yang berlaku kelipatannya. Stationery yang tersedia bisa mewadahi kebutuhan anak untuk sekolah.

Alat rumah tangga seperti untuk peralatan dapur seperti panci dan wajan kecil bisa juga dibeli di sini. Ada juga untuk perawatan diri seperti sisir, ikat rambut, sponge, dll.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi Daiso 1 Park Residences +6221 2953 8333 atau kunjungi www.daisoglobal.com

Starbucks

Buka dari pukul 07.00-22.00. Dengan buka di pagi hari, penghuni bisa menikmati berbagai minuman hangat seperti kopi, teh dan coklat tanpa perlu menyediakan sendiri di rumah. Tersedia juga beberapa jenis makanan untuk sarapan seperti pastries, sandwich, dessert dan cookies.

Minuman dingin khas Starbucks, Frappuccino, bisa dinikmati di unit apartemen tanpa keluar gedung. Starbucks juga menyediakan beberapa produk bubuk kopi untuk dibuat sendiri di apartemen.

Di 1 Park Residences ini tersedia area outdoor bagi mereka yang merokok. Mungkin tidak terlalu nyaman ketika sedang hujan angin.

Seperti Starbucks pada umumnya, tersedia jaringan wifi. Sayangnya stop kontak listrik yang ada terbatas sehingga tidak bisa untuk alternatif tempat bekerja dalam waktu yang lama di cafe ini.

Untuk mengetahui info menu lebih lengkap bisa hubungi +6221 2953 8005 atau akses starbucks.co.id

Sumibi Restaurant

Japanese Restaurant (11.30-23.00). Untuk anda yang mau menikmati berbagai masakan khas Jepang, langsung dari chef Yusuke Tsuchiya sekaligus pemilik, Sumibi hadir dari siang hingga tengah malam.

Sushi, sashimi, curry, yakitori, robatayaki, unagi bowl dan tempura, grilled steak dengan daging wagyu, ramen, soba dan udon, serta masih banyak masakan lainnya. Pilihan daging juga beragam dari ikan, beef, lamb, ayam, bebek, aneka seafood dari udang, cumi, kepiting. Tidak lupa pilihan salad dan dessert berupa eskrim serta minuman khas Jepang, sake dan sho chu. Minuman alkohol lain tersedia bir dan wine dalam botol.

Menu tersebut bisa dinikmati di tempat dengan pilihan suasana, meja dan kursi serta sekat kayu, sofa, dan area bar. Tersedia juga area outdoor bagi mereka yang merokok dengan hiasan taman kecil bergaya Zen dan lampion khas Jepang sambil menikmati pemandangan ke jalan. Disarankan untuk memesan tempat terlebih dahulu jika mau menikmati makan di restoran.

Untuk mengetahui info menu lebih lengkap dan pemesanan tempat, bisa hubungi +6221 2953 8428 atau kunjungi www.sumibiindonesia.com. Dengan mengikuti akun Facebook @sumibijkt, bisa dilihat tambahan menu-menu baru.

Salon De Res

Buka dari 10.00-19.00, tutup tiap hari Senin. 1 Park Residences juga menyediakan salon sebagai salah satu area komersialnya. Penghuni tidak perlu lagi keluar gedung hanya untuk menata rambut.

Bisa menjamu tamu di restoran atau menghadiri acara di ruang serba guna yang tersedia di apartemen tanpa perlu menghabiskan waktu dengan kemacetan Jakarta, hanya untuk mencari salon. Potong, hingga cat rambut, tidak hanya untuk kalangan wanita tapi juga pria dan anak-anak.

Di sini, penghuni bisa minta jasa dari dua hair stylist Jepang, Shunsuke Sugai dan Masahiro Oda. Untuk appointment langsung bisa hubungi +6221 2953 8111 atau 8222. Penghuni bisa menunggu gilirannya di apartemen atau juga menikmati kopi Starbucks sambil di treatment.

Blow and Glow

Buka dari 09.00-20.00. Blow and Glow bisa menjadi alternatif salon di 1 Park Residences. Bagi mereka dengan jadwal yang padat, Blow and Glow menyediakan jasa wash and blow, atau sekedar blow dry untuk merapikan.

Blow and Glow memang lebih fokus untuk layanan treatment seperti mani-pedi, nail art, repair dan polish, layanan waxing (arm, leg) dan foot spa /massage. Adapun beberapa layanan yang harus melalui appointment seperti make up, eye make up, dan haircut.
.
Bagi penghuni, layanan ini juga bisa diminta ke unit apartemen. Akan sangat membantu terutama bagi para ibu hamil. Untuk layanan home service bisa hubungi +6282111999960, atau untuk appointment di tempat bisa hubungi +6282111999920. Untuk Instagram: @blowandglowid.

Lush by Tokyo-Belle

Buka dari pukul 08.00-19.00. Satu lagi treatment yang bisa dinikmati oleh penghuni maupun konsumen di 1 Park Residences.

Berdasarkan website, Tokyo-Belle menawarkan jasa eyelash extension, dengan berbagai pilihan seperti natural, cute, sexy, gorgeous. Umumnya bisa bertahan antara 2 hingga 3 minggu, tidak akan lepas dengan cuci muka biasa dan sedikit tertarik.

Untuk saat ini layanan memang hanya terbatas untuk eyelash extension, mungkin ke depannya akan bertambah layanan lain. Berdasarkan website, Tokyo-Belle juga menyediakan jasa photo facial, treatment kulit wajah dengan menggunakan teknologi lampu LED serta jasa hair removal dengan teknologi Intense Pulse Light (IPL).

Untuk info lebih lengkap bisa hubungi langsung +6221 2953 8181. Atau dengan akses website mereka www.tokyo-belle.com.

Sribulancer.

PT Sribu Digital Kreatif menawarkan pencarian jasa freelancer yang difokuskan untuk mengembangkan produk digital konsumen seperti pembuatan website, toko online, logo, pembuatan aplikasi serta marketingnya.

Dengan begini, penghuni tidak perlu repot mencari jasa di luar untuk mengembangkan bisnisnya. Layanan ini bisa mendukung para ibu rumah tangga yang mencari pemasukan tambahan atau mereka yang mau mengembangkan bisnis online sendiri sebagai sampingan dari pekerjaannya.

Baik pencari maupun penyedia jasa bisa saling bertemu melalui website Sribulancer. Lowongan pekerjaan terkait bisa dipasang di website dan mereka yang memiliki keahlian bisa menawarkan harga jasanya. Bagi mereka yang sudah berusia 21 tahun bisa menjadi freelancer melalui Sribulancer.

Kantor Sribulancer berada di lantai mezzanine dekat ATM Center. Kantor ini hanya menjadi administrasi layanan online yang beroperasi setiap hari Senin hingga Sabtu.

Setidaknya jika membutuhkan penjelasan langsung mengenai cara kerjanya, bisa mendatangi kantor tersebut. Untuk info lebih lanjut bisa hubungi +6221 311 06996 atau akses website mereka www.sribulancer.com.

ATM Center.

Tersedia mesin ATM untuk tiga bank BCA, CIMB Niaga dan Mandiri di lantai mezzanine. Bisa diakses 24 jam.

Selain itu di lantai mezzanine ini juga masih terdapat ruang kosong yang bisa disewa untuk keperluan bisnis atau menambah area komersial. Jika ada yang punya bisnis terutama dengan ciri khas Jepang, bisa coba mengisi area tersebut.

Filoli Laundry.

Terletak di lantai basement 1, dekat tower C. Bagi mereka yang tidak sempat mencuci sendiri pakaiannya atau karena tidak adanya asisten rumah tangga, layanan laundry ini bisa dimanfaatkan.

Fasilitas Penunjang Lainnya

Kelebihan dari 1 Park Residences ini adalah lengkapnya fasilitas yang disediakan untuk menunjang aktivitas penghuni. Bisa untuk olahraga mandiri maupun mengadakan acara bersama dalam jumlah lebih besar.

Setiap fasilitas ini dibersihkan setiap harinya. Yang menjadi nilai tambah adalah, petugas kebersihan akan menunggu pengguna mengakhiri aktivitasnya sebelum mulai membersihkan, tidak akan menghentikan paksa.

Karena terbatasnya jumlah ruang yang tersedia, beberapa harus melalui pemesanan tempat terlebih dahulu menggunakan aplikasi atau pun resepsionis. Umumnya fasilitas akan sepi pada siang hari dan ramai ketika pagi sebelum kerja dan malam waktu pulang kerja.

Berikut adalah daftar fasilitas yang bisa dimanfaatkan penghuni. Secara umum hanya bisa dimanfaatkan mereka yang memegang kartu akses. Fasilitas-fasilitas ini hampir semuanya terletak di lantai dasar, di antara ketiga menara dan bagian lobi.

Untuk fasilitas olahraga, dalam keadaan darurat seperti kecelakaan, tidak ada petugas penjaga atau P3K secara khusus. Akan tetapi dengan penjagaan security dan melalui CCTV, petugas bisa bekerja sama dengan resepsionis untuk membawa penghuni ke rumah sakit jika diperlukan.

Access Card.

Kartu akses menjadi salah satu fasilitas yang esensial terutama untuk menggunakan berbagai fasilitas di apartemen 1 Park Residences.

Kartu ini bukan hanya akses lift menuju unit apartemen, tapi juga akses pintu langsung ke fasilitas. Untuk masuk ke area kolam renang, pindah antar menara atau menuju resepsionis pun memerlukan kartu ini.

Kebanyakan dari fasilitas di area tengah ini sebenarnya masih bisa diakses tanpa kartu tapi dengan jalan memutar, seperti terlebih dahulu ke lantai basement dan berpindah ke menara lain baru kemudian naik kembali melalui lift service. Fitness dan Gym merupakan salah satu ruang yang tetap memerlukan kartu akses untuk untuk diakses.

Sebaiknya setiap penghuni memiliki kartu akses. Kartu ini dapat diminta untuk dibuatkan tambahan seandainya hilang atau bertambahnya penghuni. Permintaan bisa diajukan ke manajemen hanya oleh pemilik unit dengan biaya Rp 150.000,00 per kartu.

Fitness.

Sudah dibuka sejak jam 07.00 hingga 22.00 setiap harinya. Lokasinya di lantai GF tower C, sebelah indoor playground.

Tidak tersedia layanan personal trainer, hanya ada penjaga satu orang yang bisa diajak diskusi tentang latihan bagaimana menggunakan alat dengan benar agar tidak cedera. Petugas yang ada saat ini hanya satu orang dan hanya stand by di tempat dari pukul 8.00 hingga 17.00.

Tidak untuk anak usia di bawah 12 tahun. Disediakan fasilitas anak di luar yang bisa dimanfaatkan, tidak jauh dari area fitness atau area indoor playground di sebelahnya.

Untuk latihan kardio, tersedia treadmill, stationary bike dan elliptical cardio masing-masing tiga buah. Bisa digunakan sambil menonton TV, dengan TV cable First Media atau menghadap taman.

Sedangkan untuk latihan beban memang tidak banyak alat karena ruangan yang terbatas. Setidaknya ada dumbbell rack, dan barbell dengan berbagai ukuran beban.

Gym.

Selain area fitness, di ruang ini juga tersedia ruang untuk kelas aerobik. Sejauh ini tidak ada kelas rutin yang diadakan oleh manajemen. Hanya penghuni bisa memanggil instruktur luar dan mengadakan kelas sendiri sesuai dengan teman atau tetangga penghuni apartemen.

Awalnya diadakan kelas Yoga tapi sudah lama tidak lanjut. Saat ini hanya ada kelas aerobik di hari Selasa pagi hasil inisiatif dari penghuni. Kebanyakan yang ikut kaum ibu antara 5 hingga 8 orang.

Gym dilengkapi juga dengan TV jika mau menggunakan rekaman. Tersedia juga beberapa exercise ball untuk digunakan.

Fitness dan Gym dilengkapi dengan kamar mandi untuk laki-laki dan perempuan. Di dalamnya juga terdapat loker. Manajemen tidak menyediakan handuk untuk dipinjam. Hanya tersedia air minum dalam dispenser.

Children Playground (Indoor & Outdoor)

Apartemen 1 Park Residences menyediakan dua area fasilitas anak, indoor dan outdoor. Hal ini untuk mewadahi kegiatan anak di bawah usia 12 tahun yang belum diperbolehkan menggunakan area fitness.

Fasilitas indoor sendiri dibuka secara terbatas dari pukul 08.00 hingga 15.00. Tidak ada penjaga di dalam dan anak-anak harus didampingi orang dewasa.

Letaknya di tower C, tepat di sebelah Fitness / Gym. Kondisi ruangan dilengkapi dengan AC, terdapat mainan di rak, sebuah slides, ada pagar pengaman untuk dinding kaca setinggi anak dan lantai dilapisi bahan karet.

Dari luar pun dinding kaca menggunakan jenis kaca buram, setidaknya hingga setinggi pintu. Hal ini cukup baik untuk melindungi anak yang mungkin beraktivitas di dalam dari orang tak dikenal karena mereka tidak bisa melihat keadaan di dalam.

Untuk ruang bermain outdoor, tersedia satu freestanding slides yang cukup besar serta dua buah ayunan /swings. Keduanya dilengkapi dengan area terbuka yang cukup luas sehingga anak masih bisa berlari.

Tanah playground juga bukan yang keras, jadi lebih aman buat anak-anak, walaupun tetap harus diawasi jika di bawah 12 tahun.

Kolam Renang, Kolam Anak dan Kolam Berendam

Bisa dipakai sejak pukul 06.00 hingga 22.00. Berada di tengah komplek 1 Park Residences. Terbuka, sehingga tidak diperbolehkan dipakai ketika hujan dan petir.

Kolam renang terdiri dari tiga bagian, kolam dewasa, kolam anak dan kolam untuk berendam. Antara kolam dewasa dan anak, keduanya dipisah dengan satu koridor.

Orang tua bisa menggunakan area ini untuk memudahkan pengawasan anak. Kolam berendam ada di ujung kolam anak dekat tower A

Selain dangkal, hanya 60 cm dan diakses dengan ramp, bukan tangga, kolam anak juga dilengkapi dengan sebuah “island” untuk anak bisa meluncur dan beberapa hiasan. Bentuknya juga lebih menarik dibandingkan dengan kolam renang dewasa.

Panjang kolam dewasa kira-kira 30 meter dengan kedalaman 120 cm. Dilengkapi dengan ruang ganti dan kamar mandi yang terletak di bawah menara B.

Dengan menjadi sentral dari komplek apartemen dan sebagai ruang terbuka yang cukup besar, penghuni bisa memanfaatkan area ini untuk bersantai, atau berjalan-jalan keliling area kolam renang. Terhubung juga dengan area bermain anak.

Selain tempat berjemur, tersedia juga beberapa meja kayu sehingga antar penghuni bisa saling berkumpul dan ngobrol.

Dari peraturannya, sebenarnya hanya boleh digunakan oleh penghuni dengan menunjukkan kartu akses. Selain itu boleh membawa lagi dua tamu.

Sejauh ini tidak ada penjaga, artinya selama memegang kartu akses, tamu saja bisa menggunakan area ini. Begitu juga untuk masalah keamanan. Tidak ada penjaga keselamatan dan penjaga untuk barang-barang. Disarankan untuk tidak menjaga keselamatan masing-masing serta barang bawaannya.

Jogging Track dan Open Space. 

Sebagai penghubung antara ketiga menara dan gedung resepsionis, terdapat sebuah jalan setapak yang mengelilingi kolam renang dan kawasan.

Dalam keadaan sepi, seperti di pagi hari, lintasan ini cukup untuk digunakan sebagai jogging track atau sekedar jalan cepat. Hanya saja perlu diwaspadai terutama di dekat resepsionis, karena di sekitarnya terdapat kolam hias agar pengguna tidak terjatuh.

Di dekat Tower B dan jalan menuju lapangan tenis, terdapat satu open space yang cukup luas bagi penghuni untuk melakukan peregangan atau latihan di luar. Sebagai alternatif untuk kelas aerobik sambil menikmati setting alami outdoor.

Pepohonan yang ada juga membuat area ini terasa lebih teduh dan memberi kesan natural. Yang perlu diwaspadai adalah adanya angin kencang di sore hari. Ini merupakan permasalahan umum di kota besar untuk ruangan terbuka di antara banyak menara tinggi.

Angin bisa menjadi sangat kencang walaupun tidak ada hujan. Jika tetap ingin menggunakan area ini dalam kondisi tersebut, sebaiknya menggunakan pakaian olahraga yang lebih sesuai. Kondisi angin kencang ini tidak terjadi jika di pagi hari.

Lapangan Tenis.

Lapangan tenis hanya tersedia 1 lapangan. Pendaftaran sewa tempat harus dilakukan 1 minggu sebelumnya. Bisa melalui WA, aplikasi maupun resepsionis untuk waktu pemakaian sekitar 2 jam.

Berupa lapangan outdoor, jadi tidak bisa digunakan jika hujan. Dari fasilitas yang tersedia, sepertinya bisa digunakan juga untuk lapangan futsal.

Entah kenapa resepsionis justru bilang bahwa lapangan ini digunakan untuk basket bukan futsal. Lokasinya tidak di tengah komplek, tapi di antara menara B dan C, di lantai dasar juga.

Apartemen juga menyediakan jasa pelatihan tenis atau partner bermain jika penghuni tidak membawa teman. Biayanya sekitar Rp 90.000,00 per jam untuk hitting partner dan Rp 125.000,00 per jam untuk pelatihan.

Tenis Meja.

Satu lagi fasilitas olahraga indoor, 1 Park Residences menyediakan meja untuk tenis meja. Ruangannya berada di tower B dan tidak menggunakan AC. Setidaknya bisa jadi alternatif jika cuaca tidak mendukung untuk di luar.

Function Room / Ruang Serbaguna.

Apartemen 1 Park Residences juga menyediakan fasilitas non olahraga bagi penghuni yang mau mengundang banyak tamu. Mungkin untuk acara ulang tahun anak, sekedar pesta dengan teman atau untuk acara yang lebih serius seperti rapat, seminar, dll.

Ruang serba guna bisa disewa melalui aplikasi dengan biaya Rp 200.000,- per jam, minimal 3 jam. Ruangan berkapasitas 8 meja ini dipakai untuk pengajian tiap hari Jumat dari pukul 10.00-12.00.

Biaya sewa ini belum termasuk sewa meja @ Rp 15.000, kursi @ Rp 7.500, dan sound system Rp 100.000. Jika penghuni mengundang tamu yang bukan penghuni, cukup memberitahu pihak keamanan agar membukakan akses untuk menghadiri acara yang bersangkutan.

BBQ Area.

Selain ruang serba guna yang indoor, penghuni juga bisa menyewa area outdoor untuk BBQ selama 3 jam dengan biaya Rp 450.000 termasuk alat. Biasanya jika tidak digunakan, area ini bisa secara bebas dimanfaatkan sebagai area untuk merokok di apartemen.

Hanya tersedia satu area pemanggang dengan dua area tempat duduk. Manajemen hanya menyediakan tusuk sate selain alat pemanggang di tempatnya.

Akses Kendaraan

Apartemen 1 Park Residences berlokasi di persimpangan Jalan KH. Syafii Hadzami dan jalan Gandaria 1. Dari kedua sisi jalan tersebut terdapat akses keluar masuk kendaraan.

Biasanya akan lebih mudah jika mengakses dari arah selatan melalui jalan Gandaria I dan masuk di gerbang jalan tersebut. Akan tetapi, jika kelewatan, gerbang jalan Syafii juga bisa untuk masuk.

Untuk pengguna layanan ojek, umumnya motor tidak akan sampai masuk ke komplek apartemen sehingga pengguna harus jalan kaki keluar ke area pedestrian. Begitu juga jika diantar menuju apartemen, pengguna harus turun di luar dan berjalan sendiri ke dalam.

Jika kondisi cuaca sedang hujan, ada baiknya jika lebih memilih untuk menggunakan taksi atau mobil.

Parkir Kendaraan, Mobil, Motor dan Sepeda

Untuk tamu yang berkunjung ke apartemen maupun area retail, terdapat area parkir mobil di luar, di antara kedua akses tersebut. Sedangkan bagi penghuni, tiap unit apartemen diberikan satu slot parkir mobil di area basement dengan terlebih dahulu mendaftarkan nomor kendaraannya.

Akses ke area basement ada di sisi jalan KH. Syafii Hadzami dan harus menggunakan kartu langganan. Jika memiliki lebih dari satu mobil, bisa juga dengan tambahan biaya langganan untuk mobil tersebut sebesar Rp 44.000,00 dan di parkir di area luar. Biaya parkir mobil Rp 5.000,00 per jamnya.

Parkir motor dan sepeda berlokasi di B1. Area sepeda dekat dengan tangga menuju resepsionis. Parkir di B2 khusus untuk mobil saja. Akses untuk motor dan sepeda ini bisa melalui jalan Jatayu di belakang.

Drop Zone, Troli dan Bantuan Pihak Keamanan

Dengan desain yang bisa membuat bingung penghuni untuk mencari lift yang tepat, 1 Park Residences menyediakan layanan bantuan dari pihak keamanan untuk mengantar penghuni dengan barang bawaannya ke lift yang dituju.

Di area basement terdapat drop zone, yang di dekatnya akan ada petugas yang berjaga siap dengan trolinya untuk membawa barang-barang ke lobi lift unitnya. Dengan begitu, penghuni tidak perlu takut kesulitan mengangkut barangnya.

Taxi Call

Apartemen juga menyediakan layanan panggil taksi, bekerja sama dengan Blue Bird. Ada lampu indikator di pinggir jalan.

Tentu saja bisa dilakukan sendiri dengan layanan taksi online dan menggunakan moda transportasi lain seperti motor atau mobil bukan taksi. Akan tetapi bagi kalangan ekspatriat, mungkin memerlukan tenaga pengantar yang mampu setidaknya berbahasa Inggris.

Taksi Blue Bird sudah cukup terkenal sebagai layanan taksi yang paling baik untuk di Jakarta atau Indonesia, terutama bagi kalangan ekspatriat dibandingkan dengan perusahaan taksi lainnya.

Sebagai informasi, menggunakan jasa taksi memang lebih mahal dibanding transportasi lain, tapi tidak semahal di negara lain. Bagi kalangan ekspatriat yang membutuhkan keamanan, memakai jasa taksi Blue Bird adalah pilihan terbaik. Apalagi jika baru pertama kali berada di Jakarta.

Penghuni cukup datang ke area resepsionis dan meminta untuk dipanggilkan taksi. Blue Bird juga membuka kemungkinan penunjukan supir taksi dengan keahlian tertentu sesuai permintaan pemesan.

Misalnya yang mengerti bahasa Inggris, atau yang mengenal satu daerah atau jalan ke lokasi tujuan. Permintaan ini bisa disampaikan melalui resepsionis untuk kemudian disampaikan ke Blue Bird.

Car Wash Area

Di area basement 2 juga tersedia ruang untuk cuci mobil mandiri. Supir atau pun penghuni bisa menggunakan area ini untuk mencuci kendaraannya atau dengan menggunakan jasa cuci mobil panggilan.

Tersedia dua keran air dengan selang. Pengguna diharapkan untuk tetap menjaga pemakaian air seperlunya dan mematikan keran ketika tidak digunakan. Begitu juga agar tidak membuang sampah alat kebersihan sembarangan dan mengembalikan selang, digulung kembali setelah pemakaian.

Communal Service Area, Typical on Every Floor

Di setiap lantai di tiap menara, terdapat satu area service bersama yang melayani seluruh unit di lantai tersebut. Penghuni bisa mengakses ruang ini melalui service area unitnya masing-masing.

Di area ini terdapat garbage room, tangga darurat, lift barang, peralatan pencegah dan pemadam kebakaran, serta pintu akses ke shaft plumbing unit jika terjadi permasalahan teknis.

Tangga darurat yang tersedia sebagai jalur evakuasi terdapat dua buah walaupun di satu posisi. Bentuknya bukan satu tangga “U” tapi merupakan dua tangga lurus yang saling bersilangan, diakses melalui dua pintu terpisah.

Artinya jika salah satu pintu tidak bisa diakses, mungkin karena tertutup api dalam keadaan kebakaran, penghuni masih punya alternatif dengan akses ke pintu yang satu lagi.

Pintu ke tangga darurat ditandai dengan petunjuk “EXIT” dengan lampu berwarna hijau. Tangga ini akan menuntun penghuni hingga ke lantai komersial..

Sebagai pencegah dan pemadam kebakaran, tersedia sprinkler, fire extinguishers dan fire hose box. Area service ini juga dilengkapi sistem exhaust untuk ventilasi, mencegah asap kebakaran memenuhi ruangan.

Layanan Resepsionis

Manajemen apartemen dipegang oleh Leads Property.

Resepsionis hanya ada satu yang melayani semua unit di tiga menara. Layanan resepsionis juga bisa via WhatsApp dengan nomor +62 878 8487 2672, resepsionis akan menyimpan data nomor unit. Melalui layanan ini, penghuni bisa bertanya maupun mengajukan keluhan seputar apartemennya.

Untuk pengiriman barang, termasuk makanan dari ojek online, harus diambil sendiri di resepsionis. Akan ada pemberitahuan dari resepsionis jika barang sudah tiba via WhatsApp.

Untuk tamu, resepsionis akan menghubungi kedatangannya, dan penghuni bisa menjemput atau minta agar tamunya diantar melalui pintu yang kita tentukan. Resepsionis juga menerima titipan sebelum diantar menggunakan layanan ojek online seperti Go-Send.

Sejauh ini pihak manajemen cukup berhati-hati dalam menangani barang dan tamu yang datang. Konfirmasi kepada penghuni mengenai pihak yang mengambil barang dan bagaimana tamu yang datang akan terus dilakukan untuk tetap menjaga keamanan.

Manajemen mendorong penggunaan layanan lain untuk melalui aplikasi. Karena masih dalam tahap pengembangan, layanan melalui WA bisa menjadi cadangan untuk keluhan jika melalui aplikasi tidak berjalan dengan semestinya.

Untuk layanan melalui telepon bisa juga hubungi +6221 2953 8000.

Indoor dan Outdoor Lounge

Di area ini terdapat sejumlah sofa untuk duduk. Mungkin bagi mereka yang menunggu kendaraan jemputan bisa menggunakan ruang ini. Selain itu juga tersedia beberapa majalah dan koran yang bisa dibaca di tempat.

Lounge juga tersedia area outdoor bagi mereka yang mau merokok. Setidaknya jika penghuni merasa jenuh dengan suasana apartemen, area ini bisa dimanfaatkan.

Tersedia juga jaringan internet. Jadi dengan menggunakan tablet atau laptop bisa bekerja di sini. Tidak lupa bisa membawa kopi Starbucks untuk menemani.

Dengan beroperasi selama 24 jam, penghuni bisa menikmati ruang ini kapan pun.

Layanan Aplikasi – 1ParkResidences

Manajemen menyediakan layanan melalui aplikasi 1ParkResidences dari developer Building and Apartment Mobile Management System (BAMMS), tersedia di Google PlayStore di kategori Tools. Ada juga aplikasi untuk manajemen, Building Management 1PR di kategori Productivity, juga oleh BAMMS, agar tidak tertukar.

Layanan melalui aplikasi ini baru berjalan sejak 2018. Saat ini walaupun masih dalam tahap penyempurnaan, manajemen akan berusaha untuk memindahkan setiap layanannya dari melalui resepsionis ke aplikasi.

Oleh karena itu, sebaiknya memang penghuni dan calon penghuni bisa membiasakan diri dengan aplikasi ini.

Berikut adalah beberapa menu layanan yang bisa dimanfaatkan penghuni melalui aplikasi.

  • Engineering. Melalui layanan ini bisa menyampaikan keluhan tentang utilitas apartemen seperti listrik, pipa air yang bocor. Bagian teknisi ini siap selama 24 jam.
  • Daily Needs. Umumnya bisa untuk memesan air galon dan gas tabung. Bisa diantar langsung sesuai pada waktu yang diminta.
  • Housekeeping. Jika tidak memiliki pembantu, kebersihan apartemen bisa dilakukan melalui layanan ini. Bisa juga minta untuk dijadwalkan setiap minggunya pada hari tertentu. Biaya dihitung dari jumlah ruangan yang akan dibersihkan.
  • Facility. Sewa tempat untuk menggunakan fasilitas apartemen seperti lapangan tenis dan lainnya yang telah disebutkan sebelumnya bisa melalui menu ini.
  • Concierge. Layanan dari bagian resepsionis. Melalui layanan ini penghuni bisa mendapatkan informasi mengenai kedatangan tamu atau barang kiriman seperti telah dijelaskan di atas.
  • Vendor Service. Layanan untuk utilitas apartemen yang menggunakan pihak ketiga seperti service AC dan internet. Biaya service AC Rp 80.000,00 bisa dijadwalkan pada pukul 10.00, 13.00, 15.00 di hari kerja dan hari Sabtu hingga pukul 14.00.
  • Vehicle Registration. Pendaftaran satu nomor kendaraan mobil dengan melampirkan STNK agar tidak dikenakan biaya parkir dan bisa masuk ke basement.
  • Access Card. Pengajuan permohonan pencetakan tambahan kartu akses baru.
  • Vacation Leave. Penitipan kunci unit apartemen ke manajemen jika penghuni akan meninggalkan unit apartemen untuk waktu yang lama seperti mudik atau dinas. Manajemen bisa memeriksa seandainya terjadi korsleting atau kebocoran pipa di bagian dalam unit.

Dari aplikasi ini pengguna bisa mengajukan permintaan layanan, serta mengetahui jadwal dan progresnya. Informasi lain yang tersedia berupa rincian tagihan serta pengumuman dari apartemen.

Penggunaan aplikasi ini masih terus dikembangkan. Mungkin ke depannya akan ada tambahan fitur.

Beberapa dari layanan bisa juga menggunakan jasa lain dari luar, misalnya untuk housekeeping. Ada kemungkinan harga yang ditawarkan lebih baik atau layanannya lebih cocok. Setidaknya dalam keadaan mendesak, penghuni perlu tahu bahwa apartemen juga menyediakan.

Building Maintenance

Perawatan gedung agar tetap bersih dan berfungsi dengan baik merupakan hal penting demi menjaga kenyamanan penghuni. Dari pihak manajemen melakukan beberapa perawatan rutin yang tidak memungkinkan dilakukan sendiri oleh penghuni.

Kebersihan Fasade

Kebersihan fasade luar bangunan dilakukan setiap beberapa bulan sekali. Apartemen 1 Park Residences yang merupakan menara tinggi, perlu menggunakan gondola dan petugas kebersihan untuk membersihkan sisi luar bangunan, tidak mungkin dilakukan oleh penghuni.

Sistem gondola hanya memungkinkan untuk membersihkan satu sisi dari atas hingga ke bawah. Oleh karena itu pembagian jadwal pembersihannya pun mengikuti sistem tersebut.

Waktu pembersihan dilakukan dari pukul 08.30 hingga 15.30. Disarankan agar penghuni untuk menutup gorden unit apartemen ketika waktu yang dijadwalkan agar privasi penghuni tidak terganggu dengan proses pembersihannya.

Jadwal pembersihan ditentukan dan diumumkan per bulan. Jadwal dapat dilihat di majalah dinding lobi lift di basement. Dikarenakan proses ini memakan waktu yang tidak sedikit, kebersihan tidak bisa dilakukan tiap bulan. Oleh karena itu jadwal tiap bulan melanjutkan proses bulan sebelumnya.

Perawatan Fasilitas

Sistem pencegah dan pemadam kebakaran juga merupakan salah satu yang dirawat secara rutin setiap 3 bulan sekali. Perawatan mencakup kepastian kinerja alarm, sensor, sistem sprinkler dan isi ulang fire extinguisher.

Contoh lain dari maintenance untuk perawatan fasilitas adalah perawatan kolam renang. Kebersihan akan dilakukan setiap hari, baik air kolam maupun sarana sekitarnya. Kadar air kolam renang juga diuji secara berkala.

Mail Room dan Pengumuman di Majalah Dinding di Lobi Lift

Tiap unit memiliki mail boxnya masing-masing. Mail box ini terkumpul di lobi lift privat di lantai B2. Untuk surat-surat kecil, dalam amplop bisa dimasukkan ke kotak ini oleh manajemen.

Tiap unit diberikan kunci untuk kotak suratnya. Diharapkan untuk tidak lupa mengunci kembali kotak surat ketika meninggalkan ruangan.

Di dalam lobi lift ini dan di lantai B1, manajemen menyediakan ruang untuk majalah dinding untuk menampilkan berbagai informasi baru yang perlu diketahui penghuni seperti jadwal maintenance dan peraturan lainnya.

Fasilitas untuk Supir dan Karyawan (Kantin, Toilet, Musholla, Ruang Duduk)

Di tiap unit apartemen hanya tersedia satu kamar untuk pembantu saja. Bagi mereka yang menggunakan jasa supir, ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan di basement yang juga untuk mewadahi kebutuhan karyawan atau penghuni 1 Park Residences.

Kantin

Di lantai basement 2 (B2) di bagian menara C, terdapat kantin yang beroperasi sejak pukul 07.00 hingga 17.00. Waktu operasional yang terbatas karena memang diutamakan untuk karyawan yang kebanyakan hanya di waktu kerja saja.

Di sini terdapat dua penjual makanan, Bu Iroh dan Bu Henny. Tersedia makanan nasi campur, sop iga, pecel ayam dan menu nasi rames dengan lauk yang berbeda tiap harinya.

Jika penghuni merasa bosan dengan menu makanan di apartemen, kantin ini bisa jadi alternatif tentunya dengan harga yang lebih terjangkau. Tidak perlu jauh keluar komplek apartemen hanya untuk mencari pilihan makanan lain, apalagi jika cuaca sedang buruk.

Ruang Duduk dan Taman Inner Court

Di area basement juga tersedia beberapa area duduk bagi supir yang menunggu dan bersosialisasi. Untuk di B2 dekat kantin, juga bisa menjadi tambahan untuk tempat makan karena penjualnya bersedia untuk mengantar.

Selain itu, area basement ini juga dilengkapi dengan beberapa inner court, taman kecil dengan pohon hijau terbuka. Dengan ini, area basement masih mendapatkan akses cahaya dan penghawaan alami. Umumnya para supir bisa menggunakan area ini untuk merokok.

Musholla dan Toilet

Toilet karyawan tersedia di B1 dan B2. Musholla tersedia hanya di B2.

Tentang Tipe Unit Apartemen

Dari desain awal, di tiap menara, tiap lantainya terdiri dari 6 unit apartemen, tipe 1 kamar tidur, 2 kamar tidur dan 3 kamar tidur masing-masing 2 unit. Dua unit tipe 3 kamar tidur menghadap ke arah kolam renang, dan 4 unit lain menghadap ke arah luar, ke kota. Tipe 2 kamar tidur berada di tengah sedangkan tipe 1 kamar tidur berada di pinggir menara.

Akan tetapi dari perkembangannya, tipe 1 kamar tidur memang tidak terlalu menarik bagi konsumen, luas unit yang lebih besar tapi jumlah kamar tidur yang lebih sedikit. Ruangan yang awalnya didesain sebagai teras besar, dijadikan kamar tidur.

Sementara tipe 3 kamar tidur juga diberikan pilihan untuk dijadikan tipe 2 kamar tidur dengan tambahan ruang teras. Tidak banyak yang mengambil pilihan ini, walaupun ada beberapa saja.

Berikut tipe unit apartemen yang tersedia untuk memudahkan memahami unit yang ada.

  • 1 kamar tidur / 2 kamar tidur 94 sqm (warna kuning)
  • 2 kamar tidur 91 sqm (warna ungu)
  • 2 kamar tidur / 3 kamar tidur 138 sqm (warna merah)

Bisa dilihat bahwa intinya hanya ada 3 jenis ukuran, tapi kemungkinan besar yang dicari memang tipe 2 kamar tidur. Dengan diubah menjadi tipe 2 kamar tidur, tipe 1 kamar tidur kehilangan 1 ruang gudang untuk dijadikan sebagai kamar tidur dan kamar mandi pembantu.

Bagaimana memilih tipe unit yang cocok?

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa, tergantung kebutuhan dari penghuni itu sendiri. Bagi kalangan eksekutif muda, mungkin tipe 1 kamar tidur yang paling cocok. Sedangkan untuk keluarga besar mungkin tipe 3 kamar tidur.

Jika terlalu kecil, maka tidak ada ruang lagi untuk menampung bertambahnya kebutuhan, sementara jika terlalu besar, biayanya juga membesar. Tipe 2 kamar tidur memang memberikan ruang lebih dengan ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga lebih fleksibel untuk berbagai kebutuhan.

Kalau penghuni merupakan kaum lajang, maka kamar tidur yang lain bisa digunakan untuk, gudang, untuk share dengan penghuni lain, mungkin dengan rekan kantornya, atau jika ada saudara atau teman yang sedang berkunjung. Kalau penghuni menyediakan sofa bed, ruang duduk yang dilengkapi AC pun bisa menjadi kamar tidur.

Sedangkan untuk keluarga muda, penghuni bisa kemudian memanfaatkan ruang tersebut menjadi kamar anak. Pilihan lain adalah menjadikan ruang tersebut sebagai ruang bekerja atau ruang hobi.

Kalau penghuni tidak membutuhkan tenaga pembantu secara tetap, kamarnya pun bisa dijadikan gudang atau keperluan lainnya.

Pertimbangan lain memilih Unit

Kebutuhan ruang hanya salah satu pertimbangan dari memilih tempat tinggal. Masih ada aspek dan faktor lain yang akan berpengaruh pada kenyamanan.

Misalnya seperti posisi lantai unit, posisi unit di pinggir atau di tengah, tetangga selantai maupun di atas dan di bawah. Belum lagi faktor harga sewanya yang bisa kemahalan.

Oleh karena itu disarankan untuk memulai dengan unit terkecil, 2 kamar tidur ukuran 91 sqm. Luasan paling kecil dan tersedia dua kamar tidur yang fleksibel untuk berbagai kebutuhan.

Perlu diingat bahwa manajemen apartemen juga menyediakan layanan untuk pindah dari satu unit ke unit lain. Tentunya setelah penghuni mencapai kesepakatan kontrak dengan pemilik lama maupun baru.

TIPE UNIT 2 BEDROOM 91 SQM UNIT A2B: Ruang Utama

Berikut adalah uraian detail mengenai unit apartemen tipe 2 kamar tidur 91 sqm. Secara lebih detail menggunakan contoh unit A2B.

Seperti apartemen pada umumnya, bentuk dan ukuran unit cenderung sama atau tipikal di tiap lantai dan menara. Perbedaannya hanya dari desain interior atau penempatan beberapa furniturnya.

Tiap lantai di tiap menara terdiri dari dua unit yang sama, hanya orientasinya dengan cerminan dari gambar di bawah. Bagi mereka yang tertarik untuk menyewa atau membeli, informasi ini bisa memberikan gambaran tentang unit dengan tipe yang sama.

Private Lobby

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa 1 Park Residences menyediakan konsep lobi lift privat. Tiap lift hanya melayani 2 unit per lantainya. Dengan tersedianya lobi ini, tiap penghuni tidak perlu lagi mengantri berdesakan menunggu lift.

Ruang lobi yang tersedia tiap unitnya berukuran kira-kira 2 x 1.5 meter. Tersedia ruang cukup untuk meletakkan bangku untuk menunggu lift, atau sebagai tempat mengganti alas kaki.

Tidak perlu takut akan kehilangan sepatu atau barang lainnya dengan meletakkannya di area ini karena pintu lift hanya akan terbuka untuk penghuni unit. Akan tetapi akan lebih rapih jika menggunakan bangku yang sekaligus menjadi tempat penyimpanan.

Dikelilingi dinding kaca yang bisa melihat ke arah jalan. Dengan begitu di siang hari cukup menggunakan pencahayaan alami. Untuk unit A2B yang hanya satu lantai di atas lobi, mungkin tidak cukup tinggi untuk melihat pemandangan jalan di depan karena terhalangi kanopi lantai dasar.

Dinding kaca juga tidak tertutup penuh. Masih ada celah udara sehingga ruangan ini masih mendapatkan ventilasi alami. Ventilasi ini juga merupakan akses penghawaan untuk unit.

Bisa membiarkan pintu unit terbuka jika tidak mau menggunakan AC. Pada pintu utama dipasang door closer agar selalu tertutup. Jika mau dibuka untuk ventilasi, perlu ganjal pintu. Dengan pintu dibuka juga, akses cahaya alami bisa masuk di pagi hingga siang hari.

Ruang Keluarga, Ruang Makan dan Pantry

Masuk ke dalam unit, akan ada ruang memanjang dengan ukuran kira-kira 4 x 7 meter. Ruangan ini bisa digunakan sebagai ruang duduk / ruang keluarga, ruang makan dan pantry.

Ruang duduk atau ruang keluarga, selain dilengkapi akses untuk TV cable dan internet, juga dilengkapi dengan AC. Dengan begini jika kedatangan tamu yang akan menginap untuk semalam atau dua malam, bisa gunakan sofa bed dan ruang ini pun cukup luas untuk tidur.

Ruang makan yang tersedia bisa digunakan untuk 4 orang seperti di unit A2B ini. Menggunakan bangku tanpa senderan untuk meja makan sehingga kesannya tidak terlalu memenuhi ruangan.

Dengan aksen dinding cermin di dekat meja makan dan di pantry membuat ruangan jadi lebih luas dan memudahkan bagi yang mau makan sambil menonton TV.

Karena unit ini direncanakan untuk penghuni dengan pembantu yang disertai dapur kotor, ruangan ini bisa untuk pantry atau dapur bersih. Sifatnya hanya untuk menyiapkan atau hanya memanaskan makanan dengan microwave.

Di unit A2B ini, kalaupun ingin memasak di pantry, bisa menggunakan kompor listrik. Tersedia tiga titik stop kontak yang bisa digunakan untuk kettle, rice cooker, atau blender.

Ruangan ini mendapat akses cahaya langsung dari luar. Jendela di dekat pintu masuk bisa dibuka satu bagian ke arah lobi privat, sehingga masih ada ventilasi alami, jika tidak mau menggunakan AC.

Pada pintu utama dipasang door closer agar selalu tertutup. Jika ingin mendapatkan ventilasi alami, maka pintu perlu diganjal. Dengan membuka pintu juga, maka akses cahaya alami juga bisa masuk sehingga ruang di dalam bisa lebih terang tanpa lampu.

Di dekat TV set juga tersedia fasilitas Security Intercom. Gunanya untuk melihat CCTV dari lantai bawah jika ada yang datang bertamu. Akan tetapi fasilitas ini sudah tidak lagi berfungsi karena lebih mudah mendapatkan pemberitahuan dari resepsionis melalui WhatsApp perihal kedatangan tamu.

Kamar Tidur Utama

Kamar tidur utama terdapat di dekat pintu masuk. Ukurannya sekitar 3.5 x 3.5 meter, cukup untuk ranjang, meja untuk kerja dan meja rias, serta TV set.

Ukuran ini belum termasuk ruang untuk lemari pakaian. Ada ruang di samping kamar mandi utama, di belakang pintu masuk kamar, yang bisa menjadi lemari dua pintu ukuran kira-kira 1.8 meter.

Lemari di A2B ini sisi kanan bawah digunakan untuk laci-laci penyimpanan, bisa untuk pakaian dalam dan aksesoris. Sedangkan sisi kiri dan bagian atasnya digunakan untuk gantungan baju. Di atas ketinggian 2.1 meter, masih ada lemari dua pintu.

Kalau pun belum cukup untuk penyimpanan, bisa menggunakan ranjang dengan laci penyimpanan di bawahnya untuk kedua sisi seperti di unit A2B ini.

Cermin hias di belakang ranjang bisa dibuka seperti pintu geser. Fungsinya untuk menutupi jendela yang menghadap ke unit sebelah. Ditutup untuk menjaga privasi, dibuka untuk ventilasi alami.

Jendela samping kasur tidak bisa dibuka. Pemandangannya tidak jauh beda dengan view dari lobby.

Kamar Mandi Utama

Kamar mandi utama menggunakan shower box, tidak ada bathtub. Di pegangan pintu kacanya bisa untuk menggantung satu handuk. Untuk A2B tersedia juga rak dinding untuk menggantung handuk satu lagi.

       

Area wastafelnya juga cenderung kecil tapi masih bisa meletakkan beberapa perlengkapan untuk perawatan diri. Ada juga rak di depan cermin serta ruang kosong di bawah wastafel untuk tempat sampah dan sedikit lemari penyimpanan.

Tersedia stop kontak di dekatnya jika mau menggunakan hair dryer. Meja rias di dalam kamar memang perlu untuk menutupi kekurangan ini.

Shower hanya fix dari atas, bukan menggunakan selang dan tidak ada keran pendek. Bagi yang muslim mungkin agak merepotkan untuk wudhu di shower ini. Alternatifnya bisa wudhu di kamar mandi luar yang menyediakan shower dengan selang.

Untuk ventilasi alami hanya terdapat jendela dari belakang toilet yang bisa dibuka.

Kamar Tidur 2

Di ujung dekat pantry, terdapat 3 pintu. Satu untuk kamar tidur dan satu untuk kamar mandi luar. Pintu ketiga menuju area service akan dibahas selanjutnya.

Untuk kamar tidur kedua ini sejujurnya agak kurang ideal. Ukurannya kira-kira 2.5 x 3.5 m. Selain bentuknya yang memanjang, dan kurang dari 3 meter di satu sisi, kamar ini juga tidak ada akses penghawaan alami berupa jendela.

Di ujung kamar terdapat akses pintu kaca menuju area servis. Desain awalnya memang seperti balkon, akan tetapi realisasinya justru area servis tersebut bakal menutup pintu tersebut sehingga tidak berfungsi.

Masalah ini ya tipikal untuk semua unit dengan tipe 2 kamar tidur ukuran 91,5 sqm. Alternatifnya memang bukan menggunakan ruang tersebut untuk kamar permanen tapi bisa untuk aktivitas lain seperti gudang, atau ruang kerja.

Setidaknya kamar ini masih cukup untuk satu ranjang,  1 lemari dan nakas atau bisa untuk meja. Jika memang akses pintu tersebut tidak digunakan, maka bisa digunakan untuk tempat meja tulis di depan pintu tersebut. Mungkin bisa diganti dari pintu jadi jendela setidaknya.

Seperti gambar di atas, penempatan meja bisa sedikit menghalangi pintu ke area laundry. Pintu tersebut dibuka ke arah luar kamar.

Kamar Mandi Luar

Kamar mandi luar ini kurang lebih seperti kamar mandi utama. Bedanya di bagian shower, yang menyediakan selang, bukan pancuran dari atas saja seperti di kamar mandi utama.

    

Perbedaan lain adalah area wastafel yang lebih luas, bisa untuk meletakkan lebih banyak perlengkapan perawatan diri. Untuk A2B, ada tambahan rak dinding gantung.

Di bagian bawah wastafel masih terdapat ruang untuk meletakkan laci-laci penyimpanan dari plastik atau juga tempat sampah. Seperti di kamar mandi utama, handuk bisa digantung di pintu shower atau di rak dinding.

Kamar mandi ini untuk melayani kamar kedua atau jika ada tamu lain yang datang berkunjung hingga menginap. Letaknya bisa dikatakan di tengah menara, sehingga gelap karena tidak ada jendela untuk ventilasi maupun cahaya alami.

Unit Apartemen: Area Service dan Pendukung

Bagian service dari tiap unit bisa dikatakan adalah bagian paling tengah dari tiap menara. Umumnya jadi gelap dan membutuhkan lampu bahkan di siang hari. Di area ini terdapat dapur kotor, kamar pembantu dan kamar mandinya serta area laundry.

Di ujung area service ini terdapat ruang laundry dan terdapat jendela satu-satunya untuk area service. Jendela ini juga tidak tertutup penuh, artinya ada lubang ventilasi, tapi juga ada bagian yang tertutup kaca.

Area jendela ini juga terhalangi dengan dua unit outdoor dari AC, tipikal desain untuk seluruh unit. Udara panas yang keluar dari unit outdoor ini kemudian terdorong masuk oleh angin ke area servis lainnya.

Oleh karena itu, jika terdapat pemakaian AC dari ruang utama, area service menjadi panas. Bagi yang menggunakan jasa asisten rumah tangga, disarankan untuk menyediakan setidaknya kipas angin di kamarnya.

Pintu antara area service dan area utama unit juga terpasang door closer. Sehinnga pintu tersebut selalu otomatis tertutup. Tidak perlu takut akan kelupaan menutup pintu ketika akan masak dan menimbulkan bau menyengat ke ruang utama. Namun sebaliknya, akan sedikit lebih sulit untuk mengantar makanan dari dapur kotor ke ruang makan.

Koridor ruang service ini cukup tinggi ruangannya. Dengan koridor yang sempit, bagian atasnya bisa ditambahkan rak gantung untuk ruang pemyimpanan tambahan seperti di unit A2B ini.

Dapur Kotor

Area pertama adalah dapur kotor. Panjang ruang kira-kira 2 meter. Sudah tersedia kitchen set dengan sink dan kompor gas built in serta lemari penyimpanan untuk di atas dan di bawah.

Di atas kompor juga sudah terdapat exhaust hood. Cooker hood ini harus difungsikan terutama ketika memasak yang menimbukan bau yang tajam seperti menggoreng ikan.

Jika tidak, maka satu-satunya aliran udara akan keluar ke arah jendela di bagian laundry. Hal ini bisa merusak pakaian yang sedang dijemur.

Di ujungnya koridor dapur kotor ini terdapat pintu menuju lift service. Di koridor ini juga terdapat panel listrik untuk unit.

Kamar Pembantu dan Kamar Mandi

Kamar pembantu berada di sebelah dapur kotor. Ukurannya kira-kira 2 x 1.7 meter. Seperti di A2B, kamar pembantu cukup untuk ranjang single dan sebuah meja. Tidak ada jendela, dan pada pintu terdapat kisi-kisi untuk penghawaan.

Kamar mandi pembantu tepat ada di sebelah kamar pembantu. Seperti pada umumnya, kamar mandi berisi kloset jongkok dengan keran untuk ember.

Bagian keran juga sudah ditambah selang shower untuk memudahkan pembersihan. Di A2B ini juga sudah ditambahkan rak dinding untuk menggantung handuk juga.

Area Laundry

Seperti disebutkan area laundry ini tepat di depan pintu ke kamar tidur kedua. Area laundry ini berukuran lebar sekitar 1.5 meter sehingga ada cukup ruang untuk mesin cuci dan mesin dryer yang digantung. Sudah tersedia keran air bersih, saluran pembuangan air kotor dan stop kontak.

Jika tidak menggunakan dryer, maka perlu menggunakan tiang jemur untuk dinding. Alternatifnya seperti di unit A2B ini, menggunakan mesin cuci bukaan depan, dan di atasnya bisa menjadi meja untuk meletakkan tiang jemuran. Tiang jemuran bisa dilipat jika tidak dipakai dan meja bisa digunakan sebagai tempat setrika.

Internet dan TV Cable

Untuk unit A2B bisa menggunakan layanan First Media. Pilihannya bisa dipasang modem dan decoder di dua tempat, kamar tidur utama atau di ruang keluarga.

Untuk penempatannya, perlu dicoba apakah sinyal wifi dari modem bisa mencapai setidaknya ruang tidur kedua. Jika hanya memakai kamar utama mungkin bukan masalah.

Pilihan lain bisa menggunakan Biznet. Hanya saja Biznet terbatas pada layanan internet, sedangkan First Media juga menawarkan TV Cable.

Dengan biaya sekitar Rp 750.000,00 untuk paket terkecil, First Media menawarkan internet dengan kecepatan hingga 20 Mbps, dan 145 channel TV Cable (sekitar 60 HD) dengan berbagai kategori seperti channel untuk education, kids, lifestyle, entertainment, movie. Juga tersedia channel lokal, berita dan channel dengan bahasa selain Inggris.

First Media juga menawarkan promo untuk mengambil paket selama 6 bulan pertama untuk mendapatkan harga diskon 25%. Dengan paket terkecil, bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 550.000,00 per bulan.

Bagi warga Jepang, channel yang menggunakan bahasa Jepang adalah NHK dan NHK world untuk kategori berita, Sony dan Waku-Waku Japan yang berkategori entertainment. Ada juga Animax yang menayangkan serial anime. Khusus untuk NHK perlu paket tambahan (add on) sebesar Rp 50.000,00 per bulan.

Jika dirasa channel TV yang ditawarkan kurang cocok, mungkin layanan Biznet yang hanya internet bisa dicoba.

Hal-hal lain di A2B

Dengan berada di tower A, turun langsung ke area komersial, ke ATM. Juga dekat ke jalan raya, memudahkan untuk menggunakan layanan ojek online atau jalan kaki ke area sekitar. Masih dekat juga dengan resepsionis untuk perihal pengantaran makanan atau pengiriman barang lain.

Sebaliknya ada beberapa fasilitas yang menjadi jauh dari tower A. Di antaranya, kantin, laundry, lapangan tenis, fitness, gym, playground, parkir motor dan sepeda, yang kebanyakan ada di Tower C, di seberang Tower A.

Di tower A ini, lift privat yang tersedia justru tidak ada akses dari dan ke lantai GF, langsung dari unit ke B1 atau B2. Oleh karena itu akses harus melalui lift service yang tentunya memakan waktu lebih lama dan terkadang tidak terlalu bersih.

Posisinya di lantai dua masih dekat dengan lantai bawah. Selain lift, alternatifnya bisa turun menggunakan tangga darurat menuju area komersial lantai mezzanine walaupun tidak untuk naik kembali.

Untuk A2B unit menghadap ke arah kota, bukan ke kolam renang. Tapi karena masih di lantai bawah, memang tidak banyak yang bisa dilihat. Sebaliknya mungkin suara kendaraan bisa menganggu dibandingkan unit di lantai atas.

Tetangga unit sekitar juga bisa menjadi hal yang menentukan kenyamanan untuk tinggal di apartemen. Dengan berada di lantai 2, kemungkinan gangguan juga bisa timbul dari unit di lantai atasnya.

Banyak keluarga muda yang memiliki anak kecil tinggal di apartemen ini. Jika tepat di atas unit, keributan anak yang berlari-lari di dalam unit di atas bisa mengganggu penghuni di bawahnya.

Setiap unit walaupun ukuran dalamnya sama, bisa ada kelebihan maupun kekurangannya masing-masing.

SEWA DARI KAMI

Update 2020: Unit sudah Terjual

Kami menyewakan unit apartemen tipe 2 kamar tidur (91,5 sqm) dengan biaya per bulannya Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) dengan kondisi siap huni (fully furnished). Biaya ini belum termasuk pemakaian listrik dan air. Waktu sewa per 3 bulan.

Untuk pertama kali juga akan dikenakan biaya deposit sebesar 1 bulan yang dibayar di depan. Biaya ini akan dikembalikan setelah masa sewa berakhir dan dikurangi biaya atas kerusakan yang diakibatkan penghuni selama sewa.

Biaya tambahan lain (opsional) dengan menyewa ini adalah pemasangan internet dan TV cable jika memang membutuhkan. Penghuni bisa mengatur sendiri pemasangannnya langsung dengan provider seperti First Media sebagaimana dijelaskan di atas.

Berikut adalah daftar perabot yang disediakan.

  • Master Bedroom: LCD TV, Meja Rias + Cermin, Kasur + Ranjang Ukuran 180 x 200, Bantal Guling 2 pasang, Meja TV, Rak Dinding, Lemari, Meja dan kursi kerja, AC Nakas, Laci Bawah Kasur, Gorden
  • Master Bathroom: Rak gantung untuk handuk
  • Bedroom: Sofa Bed 120 x 200, Bantal guling, AC, Nakas, Lemari 3 pintu
  • Living Room: Sofa 2 seater, Meja kopi, Meja TV, LCD TV, Rak Dinding, Nakas, AC, Gorden, antenna indoor
  • Dining Room & Kitchen: Kulkas 2 pintu, Microwave, Meja makan dengan bangku untuk berempat, Kitchen set, Kompor listrik, Water Dispenser, Rice Cooker, Kettle, peralatan makan (sendok, garpu, piring, mangkuk), wajan.
  • Private Lift Lobby: bench dengan tempat pemyimpanan sepatu
  • Maid Room: Ranjang dan kasur, meja dinding
  • Maid Kitchen: kitchen set, tabung gas
  • Service Area: Mesin cuci, 2 tiang Jemuran, meja setrika, water heater, laci, rak penyimpanan
  • Dua buah Access Cards

Tentunya anda juga bisa menyewa dengan menggunakan hanya sebagian perabot dari kami, dan menggunakan perabot anda sendiri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai permintaan tambahan atau pengurangan perabot, bisa langsung hubungi contact person, Yacintha, +62 815 130 23 717.

Mengapa sewa dari kami?

Kami paham bahwa setiap orang membutuhkan rasa nyaman untuk tinggal di rumahnya. Masuk ke dalam sebuah lingkungan baru memerlukan adanya adaptasi, sehingga setiap calon penghuni harus mencoba terlebih dahulu.

Untuk itu kami menawarkan sewa untuk durasi per 3 bulan, tidak perlu setahun sewa. Dengan begini anda bisa mencoba terlebih dahulu tinggal di unit apartemen kami.

Seandainya memang merasa nyaman, anda bisa lanjut menyewanya atau jika memang dirasa membutuhkan ruang yang lebih besar, anda juga lebih fleksibel, tidak perlu menunggu satu tahun sewa.

BELI DARI KAMI

Update 2020: Unit sudah Terjual

Bagi anda yang tertarik untuk memiliki unit tipe 2 kamar tidur (91,5 sqm), baik untuk dihuni atau disewakan kembali, dengan harga Rp 2.600.000.000,- (dua milyar enam ratus juta rupiah), unit apartemen bisa anda miliki dengan kondisi fully furnished. Perabot yang diberikan sama dengan yang dijelaskan di atas.

Harga tersebut sudah merupakan harga terendah. Jika menginginkan untuk memiliki unit secara kosong (unfurnished), unit dijual dengan harga Rp 2.500.000.000,- (Dua milyar lima ratus juta rupiah).

Jika anda membeli unit ini, biaya lain yang perlu adalah biaya maintenance bulanan sebesar Rp 2.500.000,-. Ini adalah biaya yang dibebankan ke setiap pemilik unit dan besarnya disepakati oleh manajemen berdasarkan kondisi saat ini dan akan berubah ke depannya.

Mengapa beli dari kami?

Jika anda membeli dari kami, anda bisa menggunakan halaman ini kembali untuk media promosi, seandainya anda mau menyewakan apartemen, tidak menggunakannya. Anda tidak perlu lagi direpotkan untuk mencari cara promosinya.

Kami bisa membantu sebagai agen properti anda untuk mencarikan pelanggan bagi anda. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi contact person, Yacintha, +62 815 130 23 717.

KESIMPULAN

Setiap hunian memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Memilih hunian juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi dari penghuninya.

Mungkin ada yang menawarkan apartemen yang lebih baik, akan tetapi tidak terlepas dengan harga yang relatif lebih mahal. Belum lagi pertimbangan kondisi lingkungan sekitarnya yang belum tentu mendukung.

Yang penting adalah mengetahui bagaimana menutupi kekurangan tersebut. Dengan berlokasi di Jakarta, bisa dikatakan apapun yang dibutuhkan sudah tersedia oleh berbagai pihak lain.

Apartemen 1 Park Residences juga memiliki beberapa keterbatasan sekalipun tetap menawarkan kenyamanan kelas atas. Di tengah kepadatan kota Jakarta, 1 Park Residences tetap menghadirkan fasilitas selengkap mungkin sehingga penghuni tidak perlu mencari lagi keluar.

Dengan informasi yang ada di halaman ini semoga bisa membantu penghuni atau calon penghuni untuk bisa tetap nyaman tinggal di 1 Park Residences. Begitu juga bagi mereka yang sedang mengambil keputusan untuk menyewa atau akan membeli unit di apartemen ini.

Tentunya masih ada informasi yang belum terangkum atau sudah berubah terkait 1 Park Residences dan sekitarnya. Kalau ada tambahan informasi, pertanyaan, kritik atau saran, silahkan gunakan kolom komentar di bawah.

Kami akan coba bantu serta melengkapi dan perbarui terus informasi di halaman ini.

PENUTUP

Jika anda juga merupakan pemilik salah satu unit di 1 Park Residences, anda juga bisa menawarkan hunian anda melalui website ini. Anda bisa gunakan informasi yang terangkum di website ini sebagai bahan promosi, tidak perlu membuatnya lagi.

Promosi seperti ini juga bisa digunakan untuk properti di tempat lain. Jika anda memiliki hunian, ruko, kost atau properti apapun untuk disewakan atau dijual, kami juga bisa membantu menawarkannya secara online dengan menampilkannya di website ini. Link berikut adalah contoh lain.

Beverly 90210 Gading Serpong

Silahkan hubungi contact person, Yacintha, +62 815 130 23 717 untuk informasi lebih lanjut atau tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah. Terima Kasih.

 

Mark M.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *